Tahukah Anda : 7 November Hari Wayang Nasional

0
hari wayang nasional

STARJOGJA.COM, JOGJA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menetapkan 7 November sebagai Hari Wayang Nasional. Hal ini ia putuskan saat menerima perwakilan budayawan dan seniman Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 11 Desember 2018.

Penetapan 7 November sebagai Hari Wayang Nasional berasal dari usulan masyarakat. Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO pada 7 November 2003 telah lebih dulu menetapkan bahwa Wayang sebagai warisan budaya dunia.

7 November juga ditetapkan menjadi Hari Wayang Sedunia. Wayang diresmikan sebagai warisan dunia oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (Unesco).

Dalam lembaga yang bernaung di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu, wayang yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ditetapkan dalam daftar Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanitiy pada 7 November 2003. Sebagai warisan budaya yang telah diakui oleh dunia, Pemerintah Indonesia kemudian menetapkan tanggal 7 November sebagai Hari wayang.

Banyak pihak menyebut Penetapan Hari Wayang diharapkan memberikan kesadaran kepada masyarakat terutama generasi muda tentang pentingnya nilai-nilai kehidupan yang tersirat dalam seni pewayangan. Selain itu, Hari Wayang juga upaya untuk melestarikan dan mengembangkan seni pertunjukan wayang sebagai aset budaya bangsa Indonesia dan dunia sesuai dengan keputusan UNESCO.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here