Kota JogjaNews

10 Seniman Asal Sumatera Selatan Bergabung di Pameran Sepuluh Perantau

0
Pameran Sepuluh Perantau
FOTO : Istimewa

STARJOGJA.COM, JOGJA – 10 Seniman asal Sumatera Selatan Yang Tinggal di Jogja Bergabung dalam Pameran Sepuluh Perantau. Pameran berlangsung 9- 25 November 2019 di Jogja Galery Jalan Pekapalan No. 7 Alun-alun Utara, Yogyakarta.

dr. Oei Hong Djien, saat membuka Pameran menyebutkan berkumpulnya para seniman ini pun merupakan sesuatu yang di luar kelaziman pendekatan komunitas berupa sanggar pada umumnya, yang dapat diamati sejak 1990-an pada Sanggar Bidar Sriwijaya, Jendela, Rumah Seni Muara dan kelompok SAKATO.

” Sepuluh Perantau merupakan pameran bersama yang menampilkan perspektif dan sikap individu masing-masing seniman. Jiwa perantau atau musafir yang sudah mendarah daging, sebuah ciri umum yang identik dengan orang-orang asal Sumatra, ” jelasnya. 

Apa yang sesungguhnya membedakan Sepuluh Perantau dengan pendahulunya?

Ia menyebut Para seniman Sepuluh Perantau bukanlah kelompok yang menawarkan manifesto artistik atau praktik baru, pun mereka tidak melakukan demokratisasi terhadap representasi seniman dari komunitas etnisnya.

Mereka adalah unit pendukung dirinya sendiri di masa pasar seni rupa membayang-bayangi wacana seni dan pembuatan karya seni, ketika kontak antara seniman dengan para kritikus dan kurator seni umumnya didahului transaksi terkait perdagangan.

2 Orang Meningggal Saat Kuras Sumur di Ponjong

Previous article

Pasty Punya Wahana Baru Untuk Tarik Pengunjung

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja