Flash InfoHealth

PBB Akan Mulai Sterilisasi Nyamuk Jantan dengan Radiasi Nuklir

0
Kasus DBD di Kulonprogo
Nyamuk DBD

STARJOGJA.COM. HEALTH – PBB Akan Mulai Upaya Sterilisasi Nyamuk Jantan dengan Radiasi Nuklir. Perserikatan Bangsa Bangsa menyatakan sejumlah negara awal tahun depan akan mulai mencoba teknik nuklir dalam proses sterilisasi nyamuk jantan, untuk menghentikan penyebaran demam berdarah dengue, Zika, dan Chikungunya pada manusia.

Petunjuk untuk percobaan tersebut telah dikembangkan oleh lembaga riset khusus dan pelatihan penyakit tropis, Badan Tenaga Atom Internasional, FAO dan WHO.

WHO atau World Health Organization menyebut 17 persen penyakit menular yang ada di seluruh dunia merupakan penyakit yang disebarkan oleh nyamuk. Setiap tahunnya, 700.000 orang meninggal akibat penyakit seperti malaria, DBD, Zika, Chikungunya dan penyakit kuning.

BACA JUGA : Ada Spray Anti Nyamuk Alami Ciptaan Mahasiswa

WHO juga mengatakan DBD telah meningkat drastis dalam beberapa tahun terakhir akibat sejumlah faktor, seperti perubahan kondisi lingkungan, urbanisasi, transportasi dan travel, sehingga setengah penduduk dunia riskan terkena penyakit tersebut.

Jeremy Bouver, seorang entomolog medis pada lembaga gabungan FAO dan Badan Tenaga Atom Internasional mengatakan, teknik baru menggunakan radiasi nuklir untuk mensterilkan nyamuk jantan telah memberi kesempatan baru untuk mengendalikan penyakit. Dia menyebut hal ini sama seperti alat kontrasepsi untuk nyamuk.

Teknik ini dilakukan dengan cara melepaskan nyamuk jantan yang telah disterilkan, sehingga telur nyamuk betina yang dibuahi oleh nyamuk jantan tersebut, tidak bisa menetas.

Teknik ini telah dikembangkan sejak akhir tahun 1950 oleh departemen pertanian Amerika Serikat dan berhasil mengendalikan hama serangga dari tanaman dan ternak, seperti lalat buah mediterrania

sumber : voa indonesia

Waspadai Investasi Ilegal Berkedok Perkebunan atau Penanaman Pohon

Previous article

Awas ! Kalori di Makanan Olahan Ancam Kesehatan Jantung

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info