Ngayogjazz Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Seni

0
Pengabdian Kepada Masyarakat
FOTO : Humas Pemkab Sleman
STARJOGJA.COM, SLEMAN – Ngayogjazz Jadi Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Seni. Event musik tahunan ini kembali sukses digelar. Perhelatan Ngayogjazz yang ke-12 ini berlangsung di Dusun Kwagon, Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman pada hari Sabtu (16/11).
Event yang mengusung tema Satu Nusa, Satu Jazz ini kembali dimerihakan sederet musisi ternama diantaranya Dewa Budjana, Tompi, Didi Kempot dan beberapa musisi lain baik dari dalam maupun luar negeri.
Namun, ada yang berbeda dari penyelenggaran Ngayogjazz tahun 2019. Event musik jazz di pedesaan ini tidak dihadiri oleh Djaduk Ferianto seorang seniman sekaligus pendiri Ngayogjazz yang telah wafat pada Rabu (13/11) yang lalu.
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD yang berkesempatan membuka secara langsung kegiatan tersebut mengatakan bahwa pelaksanaan Ngayogjazz harus terus berlangsung sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui dunia seni.
“Acara ini (Ngayogjazz) harus terus berlangsung. Karena Mas Djaduk itu punya semangat untuk menyelenggarakan dan menyelesaikan acara ini. Sehingga kita teruskan apa yang telah direncanakan,” katanya.
Pengabdian kepada masyarakat
Lebih lanjut, dalam sambutannya Mahfud juga menyebut bahwa Ngayogjazz merupakan salah satu event musik yang sukses karena telah berhasil membawa musik jazz yang pada umumnya dikenal sebagai musik kelompok elit (kelas atas), dibawa ke desa-desa.
Dalam kegiatan tersebut juga tampak hadir Wakil Gubernur DIY, Sri Pakualam X, Bupati Sleman, Sri Purnomo dan hadir pula keluarga Djaduk Ferianto yaitu Istri Djaduk Ferianto, Petra dan juga seniman sekaligus kakak dari Djaduk Ferianto, Butet Kertaradjasa.
Setidaknya terdapat tujuh panggung yang terdapat di beberapa lokasi yaitu panggung gentheng, panggung blandar, panggung molo, panggung empyak, panggung umpak, panggung usuk dan panggung saka.
Penyelenggaraan Ngayogjazz kali ini juga dimeriahkan oleh fesival bambu dengan menampilkan berbagai kreasi bambu di setiap lokasi panggung Ngayogjazz. Festival bambu ini merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman untuk memperkenalkan potensi dan inovasi yang ada di Kabupaten Sleman.
Berikut kemeriahan Ngayogjazz 2019 :
FOTO : Panitia Ngayogjazz

pengabdian kepada masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here