Flash InfoHealth

Kaldu Sup Buatan Sendiri Bantu Perangi Malaria

0
eliminasi malaria
Ilustrasi nyamuk penyebab malaria

STARJOGJA.COM, HEALTH – Penelitian baru mendapati, kaldu sup buatan sendiri – dari daging ayam, daging sapi atau hanya sayur-sayuran, mungkin berkhasiat membantu memerangi malaria.

Seperti dilaporkan kantor berita AFP, peneliti Jake Baum dari Imperial College London meminta anak-anak dari berbagai latar belakang budaya di sekolah dasar negeri Eden Primary School untuk membawa kaldu sup bening buatan rumah yang diresepkan turun temurun untuk mengobati demam.

Sampel sup disaring dan diinkubasi dengan kultur Plasmodium falciparum, parasit yang diperkirakan menyebabkan 99,7 persen kasus malaria di Afrika, menurut Organisasi Kesehatan Sedunia.

Lima dari 56 sampel sup yang diuji menunjukkan lebih dari 50 persen ampuh dalam mengekang pertumbuhan parasit itu, dan dua sampel menunjukkan khasiat yang sama dengan obat malaria saat ini, demikian dilaporkan Baum dan timnya pada Selasa (19/11) dalam jurnal Archives of Disease in Childhood.

Empat sup, lebih dari 50 persen ampuh mencegah parasit menjadi dewasa dan bisa menginfeksi nyamuk, yang menularkan malaria. Tetapi, Baum menyatakan, ia tidak tahu, bahan apa dalam sup itu yang bersifat anti-malaria.

Dihimpun dari sejumlah sumber, Malaria adalah penyakit infeksi menular yang menyebar melalui gigitan nyamuk. Penderita malaria akan mengeluhkan gejala demam dan menggigil.

Walaupun mudah menular melalui gigitan nyamuk, malaria bisa sembuh secara total bila ditangani dengan tepat. Namun jika tidak ditangani, penyakit ini bisa berakibat fatal dari menyebabkan anemia berat, gagal ginjal, hingga kematian.

Di Indonesia, jumlah penderita malaria cenderung menurun dari tahun ke tahun. Namun, beberapa provinsi di Indonesia masih banyak yang menderita malaria, terutama di wilayah timur Indonesia, yaitu Papua dan Papua Barat.

SUMBER : VOA indonesia

Saling Merindu Tampilkan Sisi Lain Asta RAN

Previous article

KPU Sleman Luncurkan Tahapan Pilkada 2020

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info