Flash InfoLifestyle

Mahasiswa Indonesia Kini Lebih Banyak ke Eropa

0
kampus Universitas Princeton ( FOTO : VOA Indonesia)

STARJOGJA.COM. LIFESTYLE – Mahasiswa Indonesia Kini Lebih Banyak ke Eropa. Mahasiswa asal Indonesia yang didanai Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPPLN) sebagian besar kini terdistribusi ke negara-negara Eropa, demikian pula yang belajar dengan dana pribadi. Mengapa demikian?

Juni Martoyo, warga Blitar-Jawa Timur, mengatakan tidak tertarik menyekolahkan anak ketiganya ke Amerika, meskipun dua anaknya yang lebih dewasa sudah berkuliah di Amerika yaitu di University of Virginia dan University of New Hampshire. Salah satu pertimbangannya adalah alasan keamanan, seiring semakin seringnya insiden penembakan brutal yang di ruang publik, dan sekolah atau universitas.

“Kedua bahasa Inggris tidak lagi menjadi bahasa yang menarik. Tapi yang utama adalah soal keselamatan. Lebih menarik bahasa Mandarin sekarang,” jelas Juni saat dihubungi VOA melalui telpon.

Oleh karena itu, Juni, sebagaimana sebagian besar orang tua di Indonesia mulai melirik negara-negara lain untuk menyekolahkan anaknya selain di Amerika.

Alasan keamanan dan keselamatan, memang menjadi salah satu hal yang membuat jumlah mahasiswa asing di Amerika menurun; selain karena birokrasi pengurusan ijin, masalah biaya kuliah terkait pemangkasan anggaran beasiswa, hingga soal ketidaknyamanan akibat kebijakan di bidang lain (perang dagang, imigrasi, dll).

Hal ini tampak dalam laporan tahunan Institute of International Education IIE tahun 2019, yang merupakan hasil kerjasama dengan Departemen Luar Negeri Amerika. Dalam laporan yang dirilis awal pekan ini di Washington DC, diketahui bahwa jumlah siswa dari Korea Selatan, Arab Saudi, Jepang, Meksiko, Nepal, Iran, Inggris dan Turki misalnya, turun antara 0,3% hingga 16,5%. Dan jumlah mahasiswa Indonesia di AS, menurut catatan IEE, mengalami penurunan sebesar 3,4%.

Kemedikbud: Kini Lebih Banyak Siswa Pilih Belajar ke Eropa

Dihubungi secara terpisah, Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Dikti (SDID) Kemendikbud Anondho Wijanarko mengatakan mahasiswa yang mendapat beasiswa (BPPLN) memang lebih banyak terdistribusi ke Eropa karena Letter of Acceptance (LoA) lebih mudah didapat. LoA merupakan surat yang menunjukkan seseorang diterima menjadi mahasiswa di universitas. Kendati demikian, Anondho tidak menyebut jumlah pasti perbandingan mahasiswa Indonesia di Eropa dengan negara lainnya.

Fenomena Magang Tanpa Bayaran di AS

“Karena LoA sebagai persyaratan pengajuan beasiswanya lebih mudah diperoleh akibat proses exchange professor bilateral melalui beragam skema kolaborasi dengan universitas negara mitranya berlangsung jauh lebih intens dibandingkan dengan yang dari USA,” jelas Anondho Wijanarko melalui pesan teks.

Anondho Wijanarko mengatakan penurunan jumlah mahasiswa asal Indonesia di Amerika tidak berkaitan dengan program pengembangan sumber daya manusia yang sedang digalakkan pemerintah Indonesia.

Orang-orang berjalan di sekitar kampus Universitas Princeton di New Jersey, 16 November 2013. (Foto: Reuters)
Orang-orang berjalan di sekitar kampus Universitas Princeton di New Jersey, 16 November 2013. (Foto: Reuters)

SUMBER : VOA INDONESIA

KPU Sleman Luncurkan Tahapan Pilkada 2020

Previous article

Puncak Sosok Cara Baru Menikmati Jogja Dari Ketinggian

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info