Kab GunungkidulNews

Pencarian Mbah Marto Markiyem Dihentikan

0
pencarian mbah marto markiyem
FOTO : Basarnas DIY

STARJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL. Pencarian Mbah Marto Markiyem Dihentikan. Tim SAR gabungan menutup operasi pencarian Mbah Marto Markiyem (72), yang dilaporkan hilang di hutan Wonosadi, Kecamatan Ngawen, Gunungkidul sejak Jumat pekan lalu (15/11) . Keputusan itu diambil karena memasuki hari ke-7 pencarian, Markiyem tak kunjung ditemukan.

Humas Basarnas Yogyakarta, Pipit Eriyanto, mengatakan pada pencarian hari terakhir, tim SAR gabungan melibatkan sekitar 100 personel yang dibantu warga sekitar. 100 personel itu terbagi menjadi 4 SRU yang melakukan pencarian sejauh 3 kilometer ke segala arah dengan titik mulai pencarian dari rumah korban.

“Segala upaya sudah dilakukan oleh tim SAR gabungan. Bahkan saat pencarian hari ketiga sampai melibatkan 1 tim K9 dari Unit Satwa Polda DIY. Tapi karena hujan, tim K9 tidak bisa dilibatkan lagi,” kata Pipit dalam keterangan tertulisnya kepada Starjogja.com,Jumat (22/11).

Ia menerangkan tim SAR gabungan yang melakukan pencarian hari ini terdiri dari Pos Basarnas Gunungkidul, Polsek Ngawen, Koramil Ngawen, BPBD Gunungkidul, SAR DIY, SAR MTA, Tagana Gunungkidul, Rapi Gunungkidul, Banser SAR, SAR Semesta, Bahari Rescue, Code X, Handayani Rescue, Potensi SAR dan warga sekitar.

“Tapi sampai hari ketujuh pencarian ini belum juga membuahkan hasil, dan karena sudah memasuki 7 hari, maka operasi SAR dinyatakan ditutup,” ucap Pipit.

Menurut Pipit, berhentinya operasi pencarian terhadap Markiyem sesuai dengan SOP Basarnas yang merujuk Undang-undang No 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan. Akan tetapi, Pipit menyebut meski operasi telah ditutup, tidak menutup kemungkinan operasi pencarian kembali dilaksanakan kembali.

“Meskipun operasi SAR gabungan sudah ditutup, Basarnas Yogyakarta khususnya Pos Basarnas Gunungkidul akan terus melakukan pemantauan dan selalu berkoordinasi dengan Polsek, Koramil, Potensi SAR dan masyarakat setempat,” ucapnya.

Polri Kerja Sama dengan PDRM Soal Suporter

Previous article

Bawaslu Bantul Cari 51 Orang Panwascam

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *