Kab SlemanNews

Pemkab Sleman Serahkan 13 Gamelan

0
13 Gamelan
foto : humas Sleman

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Pemkab Sleman serahkan 13 Gamelan. Ini menjadi bukti nyata kepedulian Pemerintah Kabupapaten Sleman terhadap kemajuan kebudayaan. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya penyerahan Gamelan Besi Pelog Slendro kepada Kelompok Masyarakat Kebudayaan Tahun 2019, Minggu (24/11).

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman HY. Aji Wulantara, SH, M.Hum mengatakan kegiatan penyerahan 13 gamelan ini merupakan salah satu rangkaian dari upaya nyata Pemerintah Kabupaten Sleman dalam mewujudkan masyarakat Sleman yang berbudaya.

” Ini sesuai dengan amanat visi Bupati yaitu terwujudnya masyarakat Sleman yang lebih Sejahtera, Mandiri, Berbudaya dan Terintegrasikannya sistem e-government menuju smart regency pada tahun 2021,” terangnya.

Ditambahkan oleh Aji, penyerahan gamelan kepada kelompok masyarakat kebudayaan ini diharapkan bisa untuk memberikan motivasi kepada kelompok masyarakat kebudayaan melalui penyediaan sarana dan prasarana kebudayaan yang secara riil dibutuhkan oleh masyarakat.

” Ini juga untuk meningkatkan kecintaan terhadap budaya sendiri di tengah-tengah peradaban dunia yang semakin kompleks dan kompetitif,” sambungnya.

Selain,menurut Aji, bantuan itu juga memperkuat dan menumbuhkan dinamika positif aktivitas seni budaya di kalangan akar rumput dalam mewujudkan masyarakat Sleman yang berbudaya sekaligus memperkokoh Keistimewaan DIY.

Sementara Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, MSI dalam sambutannya mengatakan upaya pengembangan seni budaya membutuhkan sinergi berkesinambungan dari pemerintah, swasta, masyarakat dan pelaku seni.

Adapun penerima gamelan besi pelog slendro diberikan kepada 13 (tiga belas) kelompok masyarakat kebudayaan berdasarkan pengajuan proposal tahun 2017 yakni:  1 Kelompok Masyarakat Seni Karawitan dan Pedhalangan Laras Budoyo Bandung Kulon, Tambakrejo, Tempel, 2 Kelompok Masyarakat Sanggar Pakari Budaya Badran Kidul, Sendangsari, Minggir, 3 Kelompok Masyarakat Kethoprak Sentono Budoyo Mranggen Tegal, Sinduadi, Mlati, 4 Kelompok Masyarakat Karawitan Ngudi Budoyo Brayut Tanjung, RT 01, RW.23, Wukirsari, Cangkringan, 5 Kelompok Masyarakat Bregodo Poeroboyo Sribit, Sendangtirto, Berbah, 6 Kelompok Masyarakat Seni Karawitan dan Kethoprak Lestari Budoyo Pogung Kidul, Sendangadi, Mlati, 7 Kelompok Masyarakat Kesenian Madyo Ratri Tambakan RT 03 RW 11, Sindumartani, Ngemplak, 8 Kelompok Masyarakat Sanggar Seni Sekar Ngrayung Candirejo, Bokoharjo, Prambanan, 9 Kelompok masyarakat Sanggar Seni Wijaya Kusuma Karanganyar RT 01 RW 46, Wedomartani, Ngemplak, 10 Kelompok Masyarakat Sanggar Karawitan dan Pendhalangan Madyo Laras Jarakan, Sendangrejo, Minggir, 11 Kelompok Masyarakat seni Tradisional Sekar Gadung Gadung, Bangunkerto, Turi, 12 Kelompok Masyarakat Wayang Orang Krido Bekso Mudo Babadan, Wedomartani, Ngemplak, 13 Kelompok Masyarakat Kesenian Kethoprak Taruno Budoyo Tawangrejo, Purwobinangun, Pakem.

Disdik Terus Pantau Kondisi Bangunan Sekolah

Previous article

Jogja Siap Terapkan Monitoring Siswa di Semua Sekolah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman