Kab SlemanNews

Masyarakat Sleman Bisa Dapatkan Darah Gratis

0
Terapi Plasma Darah
ilustrasi donor Darah

STARJOGJA.COM, SLEMAN –¬†Lewat Lada Manis, Masyarakat Sleman Bisa Dapatkan Darah Gratis. Masyarakat Sleman bisa mendapatkan darah gratis. Layanan ini diwujudkan dengan program Lada Manis (Layanan Darah di Sleman Gratis).

Ketua PMI Sleman Sunartono mengatakan program Lada Manis ini diluncurkan mulai tahun ini. Sleman menjadi wilayah pertama di DIY yang memiliki program tersebut.

” Ini kepedulian pemda kepada warganya. Berlaku untuk semua warga Sleman,secara cuma-cuma,” jelas Sunartono kepada Star Jogja FM, Rabu ( 27/11).

BACA JUGA : Tidur Siang Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah

Menurutnya, lewat program ini , persediaan darah disiapkan oleh PMI Sleman. Untuk tahun ini disiapkan 10 ribu kantong. Program ini bisa berjalan lantaran mendapat dukungan subsidi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman. Artinya, seluruh biaya darah ditanggulangi lewat ABPD Sleman.

” Cukup dengan menunjukkan KTP maka masyarakat bisa mendapatkan layanan ini,” jelasnya.

Selain itu, darah gratis ini juga tidak berlaku bagi yang menggunakan BPJS. Pemakaian juga dibatasi sebanyak 5 kantong bagi yang kebutuhannya bukan untuk penyakit kronis atau situasi darurat.

” Kalau itu penyakit kronis seperti cuci darah leukemia, maka itu tidak ada batasan. Penyakit akut seperti kecelakaan dibatasi 5 kantong,”

Kebutuhan transfusi darah di Sleman, setiap bulan rata-rata mencapai 1000 hingga 1200 kantung. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, menurut Sunartono, PMI Sleman mengambil sejumlah langkah, diantaranya dengan kegiatan jemput bola langsung mendatangi ke pendonor.

” Kami bekerjama dengan sejumlah tempat ibadah untuk membuka kegiatan donor darah secara rutin guna meningkatkan pasokan darah di Sleman.

Twitter akan Hapus Akun yang Lama Tidak Aktif

Previous article

Pencarian Nelayan Hilang Gunakan Perahu Jukung

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman