Kota JogjaNews

Nasib Proyek Saluran Air Hujan yang Terkena OTT KPK

0
saluran air hujan Jogja OTT KPK
saluran air hujan Jogja OTT KPK (harianjogja)

STARJOGJA.COM, Info – Lelang proyek saluran air hujan (SAH) di Kota Jogja yang terkena OTT KPK kini mangkrak. Ketua RT 38 Babaran, Jaka Prakosa, mengatakan proyek SAH di Jalan Babaran, Kota Jogja sudah ditutup semua dari timur sampai barat.

“Gorong-gorongnya sudah ditutup semua, cuma belum diratakan dan diaspal. Tapi kalau untuk lewat sudah bisa,” ujarnya kepada Harianjogja, Selasa (3/12/2019)

Ia mengungkapkan ada kunjungan dari DPRD Kota Jogja Lomisi C bersama Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja, sekaligus dilakulan pencabutan pohon jagung di sisi timur pada Senin (2/11/2019).

Baca Juga : 5 Orang OTT KPK Kejari Yogya Dibawa ke KPK

Ia berharap penutupan segera selasai sehingga lalu lintas dan aktivitas warga bisa kembali normal. Sebab akibat proyek mangkrak itu, banyak kegiatan ekonomi warga terganggu.

“Warung dan laundry berkurang banyak pendapatannya,” katanya.

Sebelumnya, Kepala DPUPKP Kota Jogja, Agus Tri, mengatakan normalisasi menggunakan dana swakelola sebesar Rp50 juta.

“Nanti kita cor, kita aspal, kita kembalikan dulu fungsinya,” ujarnya.

Ia menuturkan tiga blok lubang yang ditutup kembali itu masing-mssing berukuran 3X2,3 meter blok satu, 4X2,3 meter blok dua dan 5×1,5 meter blok tiga. Beberapa material yang diguanakan diantaranya box culvert, pasir dan split.

Normalisasi ini kata dia adalah perbaikan permanen, artinya disesuaikan dengan spesifikasi sebelum dibongkar. Ia menargetkan pengerjaan selesai dalam empat minggu, yakni sampai pertengahan Desember.

Seperti diketahui jaksa Kejari Jogja sekaligus anggota TP4D Eka Safitra terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Senin (19/8/2019). Ia diduga menerima suap ratusan juta rupiah dari seorang kontraktor, lantaran membantu memuluskan kontraktor tersebut memenangi lelang proyek saluran air hujan di Kota Jogja bernilai lebih dari Rp10 miliar pada tahun anggaran 2019.

Eka selaku anggota TP4D seharusnya mengawal agar jangan sampai proses lelang maupun pelaksanaan proyek tersebut menyalahi aturan, namun ia diduga justru bersekongkol dengan kontraktor dan menyalahgunakan kewenangannya. Proyek saluran air hujan Jogja  yang terkena OTT KPK ini merupakan kalipertama terjadi di Jogja.

Jokowi Ingin Membumikan Pancasila Lewat Media Digital

Previous article

Buah yang Dibatasi Saat Konsumsi di Musim Hujan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja