Kota JogjaNews

Damkar Yogyakarta Siap Amankan Sarang Tawon Ndas

0
sarang tawon ndas
Proses Pemusnahan Sarang Tawon Ndas ( FOTO : JIBI)

STARJOGJA.COM,JOGJA – Damkar Yogyakarta Siap Bantu Amankan Sarang Tawon Ndas. Warga Jogja diimbau untuk berhati-hati saat menemukan sarang tawon ndas ini. Jika perlu melapor pada Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Jogja untuk segera ditangani.

Kepala Seksi Operasional dan Penyelamatan Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta Mahargyo menyebutkan pada November, pihaknya menerima 9 laporan dari masyarakat. Menurut dia, tindakan evakuasi sarang tawon hanya dilakukan apabila sarang ditemukan di bagian rumah warga.

” Jika sarang ditemukan di pohon atau di pekarangan tidak akan dilakukan evakuasi .Kami minta warga untuk tidak mengganggu sarang tersebut,” jelasnya pada Star Jogja FM, Rabu (04/11).

Selama melakukan evakuasi sarang tawon, Mahargyo mengatakan, petugas mengenakan alat pelindung diri berupa pakaian pemadam kebakaran atau mengenakan pakaian khusus untuk mengevakuasi sarang lebah.

“Kesulitan akan muncul apabila sarang tawon tersebut berada di ujung plafon sehingga sulit dijangkau. kami harus mencari posisi yang enak dan aman untuk evakuasi sarang itu ,” katanya.

Petugas akan menutup lubang sarang tawon menggunakan kain yang sudah dicelupkan ke bensin. Sarang kemudian ditutup menggunakan karung goni dan dibawa ke tempat yang lebih aman.

” Kami melakukan evakuasi itu pada malam hari di saat kurang cahaya. Ini Supaya aman !” terangnya.

Lebih lanjut Mahargyo memaparkan berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya,kegiatan evakuasi sarang tawon biasanya akan meningkat pada awal tahun atau saat musim hujan.

“Pada awal tahun biasanya akan ada banyak permintaan dari masyarakat untuk mengevakuasi sarang tawon. Silahkan lapor ke (0274) 587101 ,” katanya.

Jalan Cepat Bisa Jadi Olahraga Menyehatkan

Previous article

Joey Alexander akan Luncurkan Album Terbaru

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja