Health

Kaitan Konsumsi Minuman Ringan dengan Tulang Wanita

0
minuman efek buruk untuk ginjal
konsumsi minuman soda

STARJOGJA.COM, Info – Sebuah studi baru-baru ini telah mengidentifikasi hubungan antara konsumsi dua porsi minuman ringan per hari dan peningkatan risiko patah tulang pinggul pada wanita pascamenopause. Osteoartritis, yang ditandai dengan tulang yang semakin lemah dan rapuh, sebagian besar menyerang orang dewasa yang lebih tua.

Kondisi ini memengaruhi sekitar 200 juta orang. Bahkan, menurut studi terbaru, secara global, patah tulang osteoporosis terjadi setiap 3 detik.

Meskipun beberapa faktor risiko utama untuk osteoporosis tidak dapat diubah, seperti usia dan jenis kelamin, beberapa kebiasaan gaya hidup juga berperan.

Baca juga :  Konsumsi Minuman Ringan Beresiko Kematian Dini ?

Misalnya, konsumsi alkohol dan penggunaan tembakau juga meningkatkan risiko. Selain itu, nutrisi juga dapat berperan, terutama asupan kalsium.

Satu studi baru-baru ini dalam jurnal Menopause berfokus pada dampak mengonsumsi minuman ringan. Para ilmuwan mengambil data dari Women’s Health Initiative, melibatkan 161.808 wanita pascamenopause. Untuk analisis baru, para peneliti menggunakan data dari 72.342 peserta ini.

Sebagai bagian dari penelitian, para peserta memberikan informasi kesehatan yang terperinci dan data kuesioner yang menguraikan faktor-faktor gaya hidup, termasuk diet. Yang penting, kuesioner diet mencakup pertanyaan tentang asupan minuman ringan bebas kafein dan kafein.

Selama analisis, para ilmuwan menyumbang berbagai variabel dengan potensi untuk mempengaruhi hasil, termasuk usia, etnis, tingkat pendidikan, pendapatan keluarga, indeks massa tubuh, penggunaan terapi hormonal dan kontrasepsi oral, asupan kopi, dan riwayat jatuh.

Seperti yang diharapkan, mereka mengamati hubungan antara konsumsi soda dan cedera terkait osteoporosis.

“Untuk konsumsi soda, menunjukkan peningkatan risiko patah tulang pinggul 26% di antara wanita yang minum rata-rata 14 porsi per minggu atau lebih dibandingkan dengan tanpa porsi,” ujar penulis dalam laporannya, dilansir Medical News Today, Jumat (6/12/2019).

Namun, para peneliti menjelaskan bahwa hubungan itu hanya signifikan secara statistik untuk soda bebas kafein, yang menghasilkan 32% peningkatan risiko. Meskipun polanya mirip dengan soda berkafein, pola ini tidak mencapai signifikansi statistik.

Untuk kejelasan, persentase di atas menampilkan risiko relatif, bukan risiko absolut. Penulis penelitian menegaskan kembali bahwa hubungan yang signifikan hanya ada ketika membandingkan wanita yang minum paling banyak soda – setidaknya dua minuman per hari – dengan mereka yang tidak minum sama sekali. Perlu juga dicatat bahwa para ilmuwan tidak menemukan hubungan antara konsumsi soda dan kepadatan mineral tulang.

Namun demikian, penelitian sebelumnya yang mencari hubungan antara soda dan osteoporosis menghasilkan hasil yang bertentangan. Meskipun penelitian ini mendapat manfaat dari ukuran sampel yang besar, informasi terperinci, dan periode tindak lanjut yang panjang, para peneliti tidak dapat menyimpulkan bahwa hasilnya definitif karena ada terlalu banyak informasi yang saling bertentangan.

Ada juga batasan tertentu untuk penelitian ini. Misalnya, seperti yang dicatat oleh para peneliti, para partisipan hanya melaporkan konsumsi soda pada awal penelitian. Kebiasaan makan orang dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu, dan tim tidak dapat menjelaskan hal ini.

Juga, meskipun para peneliti mengendalikan berbagai faktor, selalu ada kemungkinan bahwa faktor yang tidak terukur berperan dalam hubungan ini. Teori lain yang penulis garis besarkan adalah karbonasi, yang merupakan proses melarutkan karbon dioksida dalam air.

“Ini menghasilkan pembentukan asam karbonat yang mungkin mengubah keasaman lambung dan, akibatnya, penyerapan nutrisi.”

Lagu Senorita Paling Banyak Diputar di Spotify 2019

Previous article

4 Direktur PT Garuda Tak kantongi Izin Dinas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health