UMKM DIY Didorong Mampu Naik Kelas

0
umkm naik kelas

STARJOGJA.COM. KULONPROGOUMKM DIY didorong untuk mampu naik kelas. Pemda DIY menyiapkan sejumlah langkah untuk mendorong percepatan kemajuan UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY, Srie Nurkyatsiwi mengatakan bahwa sudah banyak UMKM yang tumbuh.UMKM DIY naik kelas adalah tujuannya.

“UMKM yang masuk galeri UMKM (di Bandara Baru Yogyakarta) ini adalah UMKM yang khusus. Secara khusus dalam arti produknya memiliki kualitas premium, lalu legalitas juga sudah ada. Kalau kuliner ada IUMK dan PIRTnya,” kata Siwi, Sabtu (7/12/2019).

Pemda DIY disebutnya sudah memberikan fasilitas dalam rangka untuk promosi dan pemasaran dari produk-produk UMKM binaan Pemda DIY.

“Tidak hanya tingkat provinsi saja, tetapi seluruh kabupaten kota. Semua dikoordinasi oleh Dinas Kabupaten Kota yang nantinya akan berkoordinasi lagi dengan Dinas UMKM yang ada di DIY,” lanjutnya.

Lebih lanjut Siwi mengatakan Pemda juga melakukan evaluasi terhadap produk-produk UMKM. Evaluasi itu nantinya akan menentukan apakah produk itu makin diminati atau malah belum diminati.

“Jadi kalau produknya ternyata belum jalan, mungkin ada sesuatu apa yang membuat produk ini belum bisa diminati. Nanti kita lakukan pembinaan sesuai dengan karakter dari permasalahan para pelaku UMKM,” kata Siwi.

Ia mengatakan bahwa produk UMKM yang terpajang di YIA juga akan dievaluasi secara berkala. Hal ini untuk menjaga kualitas dari produk-produk yang ada di YIA. Ia pun sempat menyinggung soal slogan ‘Cintai Produk UMKM’.

“Kalau orang bilang cinta tak harus memiliki. Tapi kalau (pada) UMKM, kalau cinta ya harus memiliki dong,” paparnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here