Health

Flu Babi Afrika, Bandara dan Pelabuhan Diperketat

0
vaksinasi influenza
Ilustrasi vaksin - epochtimes

STARJOGJA.COM, INFO – African Swine Fever (ASF) atau lebih dikenal dengan flu babi Afrika sedang mengancam peternakan babi di Indonesia khususnya Bali.

Mengantisipasi ancaman penyakit ASF ini, Karantina Pertanian Denpasar, menggelar rapat koordinasi dengan instansi untuk memperketat pengawasan melalui Bandara dan Pelabuhan.

Terunanegara, Kepala Karantina Pertanian Denpasar mengatakan Rapat Koordinasi (Rakor) sebagai langkah dalam menyatukan persepsi terhadap upaya pencegahan dini masuknya ASF.

“Pertemuan ini membahas upaya dan strategi yang diambil terhadap kemungkinan- kemungkinan yang menjadi potensi masuk dan menyebarnya penyakit yang disebabkan oleh virus dari family Asfaviridae,” jelasnya kepada Bisnis di Karantina Pertanian Denpasar, Selasa (10/12/2019).

Baca juga: Mulai Sekarang Jangan Remehkan Flu, Karena Bisa Sebabkan Kematian

Selain itu juga dibahas sumber penularan virus ASF yang bisa ditularkan melalui lalulintas penumpang yang terkontaminasi virus dari negara wabah, seperti bahan makanan yang ada kandungan babinya, serta sampah sisa makanan/catering yg berasal dari pesawat maupun kapal pesiar yang berasal dari negara wabah.

Pihaknya menyebut, sumber-sumber penularan ini menjadi fokus pengawasan untuk memfilter masuknya wabah ASF ke Bali.

Dengan adanya rakor ini, lanjut dia, timnya ingin mempertajam lagi dukungan karantina terhadap pencegahan masuknya ASF ke Bali dengan melibatkan stakeholder di Bandara, Pelabuhan Laut, Pemerintah Daerah, dan pengelola sampah pesawat dan kapal laut di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dan para peternak babi di sekitar TPA khususnya.

“Kunci keberhasilan pencegahan ASF ke Bali adalah koordinasi yang kuat” tegasnya saat memimpin rakor.

Sementara itu Ketua PDHI cabang Bali Prof. I Kt Puja mengungkapkan, saat ini yang paling efektif dilakukan adalah pencegahan masuknya penyakit tersebut mengingat sampai saat ini belum ada obat dan vaksinnya.

Dengan rakor ini, diharapkan filter virus ASF yang masuk ke Bali bisa berlapis dan upaya pencegahan bisa memberikan hasil maksimal.

Adapun bertindak sebagai narasumber adalah Ketua PDHI Cabang Bali, Balai Besar Veteriner Denpasar dan dari Karantina Pertanian Denpasar dengan dihadiri instansi Pemerintah Daerah dan Stakeholder yang terlibat langsung baik di Bandara Udara maupun Pelabuhan Laut

Terkonfirmasi, status penyakit ASF yang sudah mewabah di beberapa negara tetangga dan yang terakhir di bulan September 2019, seperti negara terdekat Indonesia yaitu Timor Leste sudah ditetapkan sebagai negara dengan wabah penyakit yang satu ini.

KPU DIY Meluncurkan Rumah Pintar Pemilu Digital

Previous article

Rutin Cuci Tangan Cegah Penyakit di Musim Pancaroba

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health