Sport

Klub Xavi Hernandez Lolos Piala Dunia Antarklub 2019

0
zeman pertandingan tertutup
Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, venue final Piala Dunia Antarklub 2019. - Reuters

STARJOGJA.COM, Info – Klub Qatar Al Sadd, tim yang kini dibesut mantan kapten FC Barcelona Xavi Hernandez, lolos ke putaran kedua Piala Dunia Antarklub 2019 seusai menyingkirkan juara Liga Champions Oseania, Hienghene Sport.

Bertanding di kandangnya sendiri Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, pada Kamis (12/12/2019) dini hari WIB, Al Sadd menang 3 – 1 atas lawannya dari Kaledonia Baru setelah pertandingan melewati dua kali babak tambahan, demikian catatan laman resmi Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Hienghene sebetulnya mengawali pertandingan dengan meyakinkan di penampilan debutnya dalam Piala Dunia Antarklub tersebut, tetapi tembakan Jefferson Dahite masih menghantam sisi luar jala gawang, sedangkan tendangan akrobatik Antoine Roine belum membuahkan hasil.

Baca Juga : Klub Sepakbola Tertua di Indonesia PSIM Salah Satunya

Tuan rumah berhasil mencuri keunggulan ketika Baghdad Bounedjah mencuri bola di antara duet bek tengah Hienghene, Roy Kayara dan Emile Bearune, untuk mencetak gol pada menit ke-26.

Pada menit ke-39, Akram Afif melakukan selebrasi seusai menyarangkan bola ke gawang Hienghene, tetapi golnya dianulir lantaran Bounedjah terlebih dulu berada dalam posisi offside.

Memasuki babak kedua Hienghene segera menggebrak dan dalam hitungan detik mampu menyamakan kedudukan ketika Roine menyelesaikan umpan Bertrand Kai. Gol itu sempat dianulir karena anggapan terjadi pelanggaran, namun akhirnya disahkan usai konsultasi VAR.

Hassan Al Haydos berpikir dia sudah berhasil mencetak gol untuk Al Sadd pada menit ke-65 saat ia menjebol gawang Hienghene, namun lagi-lagi gol itu dianulir karena Bounedjah terlebih dulu berada dalam posisi offside.

Skor imbang bertahan hingga waktu normal dan 4 menit injury time berakhir, sehingga pertandingan dilanjutkan ke 2 x 15 menit babak tambahan.

Baru 8 menit babak pertama tambahan waktu berjalan, kiper Rocky Nyikeine melakukan kesalahan fatal dengan menyentuh bola umpan balik dari rekannya menggunakan tangan, sehingga tuan rumah memperoleh tendangan bebas di dalam kotak penalti.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Abdelkarim Hassan yang melesakkan tembakan keras untuk membawa Al Sadd unggul 2 – 1.

Keunggulan Al Sadd bertahan dan ditambahkan 6 menit jelang babak tambahan kedua berakhir lewat serangan balik yang diselesaikan dengan tembakan manis Pedro Correia untuk memperbesar kemenangan tuan rumah menjadi 3 – 1.

Al Sadd selanjutnya akan menghadapi klub Meksiko Monterrey, yang tiba di Qatar sebagai jawara Liga Champions Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf).

Pertandingan putaran kedua itu akan digelar juga di kandang Al Sadd pada Sabtu (14/12/2019).

Turnamen ini juga diikuti juara Liga Champions Eropa Liverpool, juara Copa Libertadores Flamengo, juara Liga Champions Asia Al Hilal (Arab Saudi), dan juara Liga Champions Afrika Esperance (Tunisia).

Sebagai unggulan, pemimpin klasemen sementara Liga Primer Inggris Liverpool dan klub Brasil Flamengo langsung ditempatkan di semifinal dengan skenario bertemu di partai final yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (22/12/2019) dini hari WIB di Stadion Internasional Khalifa di Doha.

Sumber : Reuters, FIFA.com, & Antara

Fakta-fakta Menarik Film Frozen 2

Previous article

Kembangkan Ekonomi Islam Sri dan Erick Masuk IAEI

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sport