Kota Jogja

Alasan Pemilihan Tiga Wilayah yang Dilewati Bus Gratis

0
lelang bus gratis
Ilustrasi Bus Trans Jogja

STARJOGJA.COM, Info – Tahun depan Dinas Perhubungan DIY akan mengoperasikan 28 bus bantuan dari Kementrian Perhubungan. Sumaryoto Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY mengatakan ada alasan tiga wilayah yang dilewati bus gratis yaitu di Ngaglik, Ngemplak, dan Godean.

“Perda tata ruang Pemda DIY ada tiga kecamatan yang masuk perkotaan yang saat ini belum terlayani Transjogja, Ngemplak, Ngaglik dan Godean. Mengurangi itu direspon kementrian disuport 28 bus yang 2020 bisa dioperasikan,” kata Sumaryoto kepada Starjogja.com Senin (16/12/2019).

Sumaryoto mengatakan pemilihan tiga wilayah itu sudah berdasarkan kajian studi. Termasuk jalur yang akan dilewati bus gratis tersebut.

Baca juga :  Naik Bus Gratis di Yogyakarta ini Rutenya

“Tahun ni sudah melakukan study penentuan jalur dan park n ride yang memang rencana pengembangan Transjogja maka studi kita gunakan untuk dasar pelayanan perkotaan servis dari perhubungan,” katanya.

Alasan lain karena wilayah tersebut belum dijangkau oleh Transjogja. Sehingga wilayah tersebut dapat menjangkau masyarakat walaupun belum menjangkau semuanya.

“Kita ingin revitalisasi angkutan umum kembali diminati. Kenapa tidak mau menggunakan angkutan umum karena tidak terjangkau dengan angkutan umumnya,” katanya.

Sumaryoto mengatakan bus gratis yang akan dioperasikan April 2020 mendatang ini tidak disetting gratis. Hal ini berkaitan dengan aturan yang soal penentuan tarif.

“Bukan disetting gratis cuma berlakuan tarif harus disusun oleh lembaga. Tidak bisa kita masuk disitu, harus dari pusat. Apakah membentuk lembaga atau memanfaatkan lembaga yang ada. Sebelum ada lembaga ya tidak ada tarif, selama itu ya free dulu,” katanya.

Indonesia Komitmen untuk Terus Bantu Palestina

Previous article

Akan Ada Film Avengers: Endgame Kembali ?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja