Flash InfoKota JogjaLifestyle

Libur Datang, Perhatikan Etika Berwisata

0
Tips Liburan Keluarga Hemat

STARJOGJA.COM, JOGJA – Saat libur datang hati menjadi senang karena ada kesempatan untuk berplesiran. List tempat wisata yang akan dikunjungi menjadi penting sebelum menentukan destinasi wisata mana saja yang akan dikunjungi.

Beberapa referensi tempat wisata saat ini bisa dengan mudah diperoleh, baik dari teman dekat yang sudah pernah mengunjungi maupun darimedia sosial yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Dengan mendapatkan informasi yang banyak dan lengkap ini akan semakin membuat tahu cara menikmati tempat wisata tersebut.

Sehingga pada saat berada di tempat wisata yang dituju dapat maksimal dalam menikmati sajian wisata yang ditawarkan. Etika pada saat di tempat wisata juga tentunya harus dimiliki setiap wisatawan. Hal ini penting mengingat sebagai wisatawan kita harus menghormati warga lokal, kebudayaan lokal, dan peraturan lokal yang berlaku. Jangan sampai mempunyai rasa superior yang menunjukkan ego jika kita mampu melakukan perjalanan wisata.

Baca juga: Seusai Kasus Pungli Terungkap, Objek Wisata Kaliadem Diawasi Rutin

Disaat kita sudah mengetahui aturan maupun budaya yang ada di tempat wisata tersebut maka hal-hal negatif yang mungkin terjadi saat kita berwisata dapat dihindari. Contoh nyata dan bisa menjadi pembelajaran adalah peristiwa yang terjadi beberapa waktu yang lalu dimana seorang wisatawan melakukan Swafoto atau selfie yang akhirnya merusak koleksi milik museum kraton berupa meja Sri Sultan HB VIII akibat ulah wisatawan yang hendak berswafoto atau selfie.

Selain merugikan pihak pengelola wisata perilaku yang semestinya tidak boleh dilakukan oleh pengunjung tempat wisata hal ini juga akan merugikan kita sebagai wisatawan karena biusa jadi kita akan mendapatkan denda karena perilaku kita di tempat wisata yang tidak semestinya atau melanggar aturan.

Jadi mulai sekarang ada baiknya untuk kita mendapatkan informasi yang lengkap tentang tempat wisata yang akan dikunjungi dan juga peraturan maupun kebudayaan yang ada di daerah wisata yang sudah masuk dalam list.

2 Formasi Kosong, 216 Pelamar Tak Lolos Seleksi Administrasi

Previous article

Wujudkan KLA, Pemkab Sleman Adakan Pelatihan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info