Flash Info

Profesional EQ Tinggi Mampu Atasi Stres

0
perusahaan pandemi

STARJOGJA.COM, Info – Tekanan pekerjaan, tenggat waktu, politik kantor atau bahkan masalah dalam kehidupan pribadi, stres kadang-kadang menjadi bagian yang tak terhindarkan dari pekerjaan kita. Namun, para profesional dengan Emotional Quotient (EQ) tingkat tinggi tidak membiarkan situasi tersebut berdampak buruk pada kesehatan mental atau fisik mereka dan berdampak pada produktivitas mereka.

Berikut adalah tujuh karakter orang cerdas-emosional mengatasi stres dalam pekerjaan :

1. Merespon, bukan bereaksi

Ada saat-saat ketika kita mengatakan segala sesuatu yang muncul di benak kita dengan kemarahan dan menyesal kemudian, bukan? Ya, itu karena kita hanya bereaksi terhadap situasi dalam hitungan detik dan tidak merespons.

Di sinilah orang-orang yang cerdas secara emosional mendapatkan keunggulan dalam kehidupan pribadi dan profesional. Mereka meluangkan waktu untuk menenangkan diri, memikirkan situasi dan memilih untuk meresponsnya secara logis.

Baca Juga : Film Love For Sale 2 Siap Dirilis Oktober ini

2. Menulis

Banyak profesional menggunakan tulisan untuk menyalurkan emosi negatif mereka, menganalisis apa yang terjadi pada hari mereka dan bagaimana mereka bisa merespons dengan cara yang lebih baik.

Membuat jurnal atau sekadar menulis membantu mereka mengekspresikan emosi mereka yang sebenarnya dengan cara yang tidak menghakimi dan menjernihkan pikiran mereka.

3. Memahami pemicu kemarahan

Kita semua memiliki beberapa hal atau situasi tertentu yang menekan atau memicu kita mengeluarkan respons negatif kita. Bisa jadi seorang kolega yang memberikan komentar buruk, anggota tim yang tidak pernah memenuhi tenggat waktu, meja yang berantakan, tenggat waktu yang menjulang, atau apa pun di tempat kerja.

Pekerja yang pandai secara emosional sudah mengetahui pemicu semacam itu dan tahu cara mengatasinya.

4. Berbagi apa yang dirasakan

Profesional dengan EQ tinggi tidak menghindar untuk berbagi perasaan mereka dengan orang yang mereka percayai. Mereka meluangkan waktu untuk menganalisis situasi, menghubungi orang lain untuk meminta nasihat, tetap berpikiran terbuka dan yang paling penting, mempertahankan sikap positif dalam situasi negatif.

5. Mencari opini kedua

Mencoba melihat situasi dari sudut pandang orang ketiga membantu untuk membuat keputusan yang lebih baik. Para profesional yang memiliki kecerdasan emosional memiliki kemampuan untuk mengamati perilaku orang-orang di sekitar mereka, memahami budaya, dan melihat konflik sambil mempertahankan sikap netral. Mereka menjauh dari situasi untuk mengevaluasi perilaku mereka sendiri, penyebab dan efek dari tanggapan mereka sendiri dan mencoba untuk berada di posisi orang lain sebelum sampai pada kesimpulan apa pun

6. Mempelajari kondisi

Tidak ada yang menjadi cerdas secara emosional dalam semalam dan pada kenyataannya, mengerjakan kecerdasan emosional Anda adalah proses yang tidak pernah berakhir. Oleh karena itu, penting untuk terus belajar dari kesalahan Anda, bekerja pada kesejahteraan emosional Anda dan menggunakan rintangan yang dilemparkan kehidupan kepada Anda sebagai alat untuk fokus pada pertumbuhan pribadi Anda.

Sumber : Timesofindia

Siswa yang Mampu Mengelola Emosi, Baik Akademisnya

Previous article

Lihat Tren Fashion Pria di Tahun 2020

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info