Info Kopi

Volatilitas Harga Kopi yang Tinggi, Analis Cemas

0
kopi Jawa Timur
Biji kopi luwak yang sudah kering, bersih (Foto : Satria A)

STARJOGJA.COM, Info – Volatilitas harga kopi yang sangat tinggi pada akhir 2019, menimbulkan kekhawatiran di para analis karena cemas penguatan yang terjadi dapat segera berbalik arah dan mengacaukan prospek yang cerah bagi komoditas tersebut pada awal tahun depan.

Berdasarkan data Bloomberg, harga biji kopi arabika di bursa New York telah melonjak 28 persen sejak akhir September 2019, menjadi kinerja kuartalan terbaik sejak 2014 dan kenaikan terbesar di antara komoditas utama dalam 3 bulan terakhir. Sepanjang tahun berjalan 2019, harga telah bergerak menguat 27,05 persen.

Baca juga: Harga Kopi Arabika Global Melemah

Penguatan ini didorong oleh cuaca buruk yang mengancam produksi di Brasil, produsen dan eksportir kopi terbesar dunia. Akibatnya, analis pun mulai memprediksi pasar akan bergeser mengalami defisit pasokan, membantu mendorong rebound dari keterpurukan harga kopi pada awal tahun ini.

Sebagai informasi, pada awal tahun ini, banyak analis yang memperkirakan 2019 menjadi tahun yang buruk bagi kopi. Pada pertengahan tahun, harga kopi sempat anjlok ke level terendah dalam 13 tahun di level US$0,95 per pon sehingga mendorong banyak petani kopi keluar dari industri dan mencari mata pencaharian baru.

Mengacu pada laporan Organisasi Kopi Internasional (International Coffee Organization/ ICO) Oktober 2019, produksi kopi dunia pada 2019/2020 diproyeksikan 0,9 persen lebih lemah menjadi 167,4 juta kantong dari 169 juta kantong pada periode sebelumnya. Satu kantong setara dengan 60 kilogram (kg) kopi atau 132 pound.

Jika diperinci, produksi jenis arabika melemah 2,7 persen menjadi 95,68 kantong, sedangkan robusta hanya tumbuh 1,5 persen menjadi 71,72 juta kantong.

Pasokan yang lebih lemah itu telah membantu kopi keluar dari zona merah. Namun, penguatan yang mengejutkan tersebut terjadi dengan ukuran volatilitas yang cukup tinggi, yaitu membuat kopi melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari 4 tahun ke level US$1,42 per pon.

Ahli Strategi Pasar RJO Futures Chicago Josh Graves mengatakan pasar kopi telah berlari terlalu cepat, yang secara teknikal cenderung tidak baik. Saat ini, harga dikhawatirkan akan segera berbalik arah dan prospek cerah gagal untuk dipegang kopi pada 2020.

“Dalam jangka pendek, volatilitas tampaknya masih akan tinggi. Pasar harus berhati-hati terhadap hal ini,” ujarnya seperti dilansir dari Bloomberg, Kamis (26/12/2019).

Pada perdagangan Selasa (24/12), harga kopi arabika di bursa New York ditutup di level US$1,29 per pon, menguat 3,27 persen atau 4,1 poin.

Niat Edhy Prabowo Kembangkan Pembesaran Lobster

Previous article

Ramaikan Pasar Otomotif, Morris Garage Masuk Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Kopi