Lifestyle

Pentingnya Membacakan Buku untuk Bayi

0
Ini Penampakan bayi Pangeran Harry (bisnis)

STARJOGJA.COM, Info – Ketika Anda memikirkan kegiatan yang dapat Anda lakukan dengan bayi Anda, maka yang terpikir adalah memeluknya, memberinya makan dan bermain dengannya. Aktivitas membaca bersama anak umumnya masih sangat jarang dilakukan orang tua di Indonesia. Padahal, membacakan buku adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan dengan bayi Anda. Bahkan jika bayi Anda baru lahir!

Membaca membuat ketagihan bagi mereka yang bersenang-senang. Ini adalah kecanduan yang dianjurkan dan memberi Anda banyak manfaat dan sama sekali tidak membahayakan.

Menanamkan kebiasaan membaca buku sejak usia dini sangat penting bagi bayi Anda. Dan bukan hanya agar bayi Anda akan unggul di bidang akademis saat ia besar nanti.

Membaca kepada bayi Anda akan membantu anak Anda tumbuh dan berkembang dengan berbagai cara. Berikut beberapa manfaat membacakan buku untuk bayi :

Bonding

Membaca untuk bayi Anda mungkin tampak seperti usaha yang sia-sia. Tetapi membacakan untuk bayi Anda bahkan jika dia baru lahir menciptakan ikatan yang mendalam antara Anda dan bayi Anda. Bayi itu akan ditenangkan oleh suara Anda. Ini juga membantu membuat bayi Anda sehat. Penelitian menunjukkan bahwa ketika orang tua membacakan untuk bayi yang berada di NICU, mereka memiliki intensitas ikatan dan keintiman yang sama dengan orang tua dan bayi baru lahir yang sehat.

Baca juga : Buku Ini Ajak Pembaca ke Masa 80-an

Mempersiapkan Bayi Untuk Membaca

Bayi yang telah dibacakan buku, merasa lebih mudah membaca sendiri. Bayi mungkin tidak mengerti kata-kata atau artinya, tetapi mereka memperhatikan nada, nada dan irama saat Anda membaca. Ini akan membantunya terbiasa membaca. Ketika saatnya tiba, ia akan dapat membaca dengan mudah daripada teman-temannya yang belum membaca.

Membantu Meningkatkan Otaknya

Seorang bayi yang sering dibacakan oleh orang tuanya cenderung memiliki kosakata yang lebih besar jika dibandingkan dengan teman-temannya. Dan itu bukan hanya bahasa. Bayi-bayi yang terpapar membaca dipandang memiliki keterampilan matematika yang lebih baik.

Meningkatkan respon

Seorang bayi yang baru lahir tidak memiliki banyak respons. Dia menanggapi apa yang dia lihat, rasakan dan dengar. Terlihat bahwa ketika bayi dibacakan, bayi sangat responsif. Mereka merespons atau berkomunikasi dengan gerakan lengan dan kaki yang sesuai dengan ritme yang Anda baca.

Membentuk emosi

Bayi tidak terlalu emosional, paling tidak dalam arti orang dewasa. Ketika Anda membaca, Anda membuat bayi Anda terkena emosi. Anda melakukannya dengan membuat suara untuk karakter tertentu atau membaca dialog dengan emosi yang disampaikannya. Ini membantu menciptakan empati dan perasaan pada bayi Anda dan berkontribusi pada kesejahteraan anak.

Meningkatkan visualisasi

Saat bayi tumbuh, bayi mulai melihat dengan lebih jelas. Buku-buku untuk bayi dibuat dengan warna-warna cerah, bentuk besar dan huruf. Ini akan membangkitkan minat dan menghibur anak Anda. Saat bayi tumbuh lebih jauh, bayi akan mulai mengenalinya. Bayi yang terpapar membaca lebih baik dalam mengenali huruf, bentuk, dan warna daripada bayi yang belum pernah membaca.

Mengajarkan membaca sebagai aktivitas menyenangkan

Dengan Kegembiraan Membaca kepada seorang bayi mengajarinya bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan. Bayi Anda akan menyukai waktu yang dihabiskan untuk membaca dan menantikannya. Ketika dia tumbuh dan masuk sekolah, membaca dan belajar akan menarik sebagai lawan dari menjemukan dan tugas.

Sumber : Bisnis

Libur Nataru, Beri Kesempatan Wisatawan Nikmati Jogja

Previous article

Peristiwa Nduga Papua Butuh Penanganan Holistik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle