Kota JogjaNews

Juru Parkir dan PKL Jangan Picu Kemacetan Jogja

0
pkl dipindahkan

STARJOGJA.COM, JOGJA –  Juru Parkir dan PKL Jangan Picu Kemacetan Jogja. Wakil Gubernur DIY KGPAA Sri Paduka Paku Alam X mengatakan juru parkir diharapkan bisa mengatur parkir lebih kondusif sehingga tidak menimbulkan kemacetan.

Ia mengingatkan Juru Parkir dan PKL Jangan Picu Kemacetan Jogja. Karena kemacetan yang terjadi di berbagai titik di Kota Jogja lebih banyak disebabkan karena parkir sembarangan.

Namun, kondisi parkir memang tidak serta merta menjadi penyebab tunggal, sempitnya kondisi jalanan juga turut diperhitungkan sebagai faktor penyebab kemacetan.

“Kepada petugas parkir dan warga tentunya [diharapkan] bisa mengatur parkir dengan lebih kondusif, karena memang keramaian, kemacetan yang ada di Jogja dan sekitarnya lebih banyak diakibatkan karena parkir sembarangan. Tentu memang parkir tidak bisa disalahkan, karena jalan-jalan di DIY kondisinya tidak terlalu lebar, mestinya tidak perlu diperparah lagi dengan parkir sembarangan,” katanya, saat ditemui wartawan di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Kamis (26/12/2019).

Wagub juga menyoroti banyak pengusaha atau pedagang kuliner yang seringkali menimbulkan kemacetan dan banyak menggunakan trotoar. Ia berharap pedagang tersebut memiliki kesepahaman dengan pemerintah dalam rangka memberi akses bagi pejalan kaki sehingga tidak memenuhi trotoar saat berjualan.

“Bagi pengusaha kuliner, pengusaha souvenir dan sebagainya mestinya memiliki kesepahaman bagaimana menggelar usahanya tidak terlalu meluber ke jalan memenuhi trotoar dalam rangka untuk memfasilitasi pejalan kaki. Ini untuk seluruh tempat wisata kuliner di DIY,” ujarnya.

Warga Jogja diimbau untuk memberikan kesempatan kepada wisatawan luar DIY maupun asing untuk bisa menikmati sejumlah tempat wisata di Jogja selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019.

Warga Kauman Tolak Minimarket

Previous article

Angka Kriminalitas di DIY Turun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja