Kab KulonprogoNews

Presiden Resmikan Bendung Kamijoro

0
Kamijoro

STARJOGJA.COM, KULONPROGO – Sudah lama booming dan menjadi tujuan jalan-jalan maupun bersepeda bagi warga sekitar, kini akhirnya Presiden Joko Widodo meresmikan Bendung Kamijoro, Selasa (31/12/2019).

Prosesi peresmian disimbolkan dengan penekanan tombol sirine dilanjutkan penandatanganan prasasti di landmark taman Bendung Kamijoro yang berlokasi di Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo.

Dalam prosesi itu, Jokowi didampingi sejumlah menteri dan pimpinan daerah setempat, di antaranya Mensesneg, Pratikno; Menteri PUPR, Basuki Hadi Muljono; Gubernur DIY, Sri Sultan HB X; Bupati Kulonprogo, Sutedjo serta Bupati Bantul, Suharsono. “Semoga dibangunnya bendung ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” kata Jokowi dalam sambutannya, dikutip dari Harianjogja.com pada Selasa (31/12/2019).

Baca juga: Pemda DIY Tawarkan SPAM Kamijoro ke Investor

Bendung Kamijoro menghubungkan dua Kabupaten di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yaitu Bantul disisi timur dan Kulonprogo disisi barat. Dalam kesempatan tersebut Jokowi menjelaskan Bendung Kamijoro berfungsi menyuplai air irigasi Daerah Irigasi Pijenan sebesar 2,5 meter kubik/detik untuk luas areal sawah 2.370 ha di Kabupaten Bantul dan peningkatan intensitas tanam dari 205 persen jadi 270 persen.

Selain itu, Bendung Kamijoro juga berfungsi menyuplai air baku sebesar 500 liter per detik ke Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo dan kawasan industri di Kulonprogo. “Bendung ini juga dijadikan obyek wisata masyarakat sekitar, ada jembatan penghubung antara Bantul dan Kulonprogo,” ujarnya.

58 Kepala Sekolah Dilantik Bupati Sleman

Previous article

Kapal Coast Guard China Memasuki Wilayah ZEE RI

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *