Flash InfoLifestyle

Ini 3 Penyakit di Musim Hujan dan Cara Mencegahnya

0
Hari Greges Nasional
Ilustrasi Flu ( FOTO ; Reuters)

STARJOGJA.COM, HEALTH – 3 Penyakit di Musim Hujan ini sering menyerang kita. Di musim hujan seperti saat ini, bukan hanya korban banjir yang berisiko mengidap penyakit, tetapi juga Anda yang memiliki sistem imun yang rendah.

Pada musim penghujan, akan lebih banyak penyakit yang akan menyerang karena pergantian cuaca yang sangat ekstrem dalam kurun waktu tertentu.

Beberapa penyakit umum yang akan sering diderita orang-orang pada musim penghujan seperti saat ini diantaranya adalah sebagai berikut;

Influenza

Virus ini menyebar melalui cairan tubuh seperti ingus ataupun air liur yang dapat ditularkan melalui mulut, hidung ataupun tangan yang menyentuh benda terkontaminasi.

Cara mencegah penyakit ini diantaranya dengan istirahat yang cukup, perbanyak makan buah dan sayur, cuci tangan dan memakai masker ketika terkena flu.

BACA JUGA : Buah yang Dibatasi Saat Konsumsi di Musim Hujan

Demam berdarah

Penyakit akibat virus yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictusini sering terjadi di musim hujan saat perkembangbiakan nyamuk meningkat.

Cara mencegah penyakit demam berdarah ini ialah mulai menguras bak mandi, menutup tempat air dan memanfaatkan barang-barang bekas serta melakukan pemberantasan sarang nyamuk.

Diare

Penyebab diare paling utama adalah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus atau parasit. Diare umumnya disebabkan oleh bakteri E.Coli, Salmonella, Shigella dan lain-lain.

Cara mencegah diare diantaranya adalah dengan mencuci tangan memakai sabun di air mengalir, buang air besar pada tempatnya, dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan makanan.

SUMBER : BISNIS.COM

BPBD Minta Semua Elemen Siaga Hadapi Bencana

Previous article

Cuaca Ekstrim Diperkirakan Hingga Februari

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info