Kota JogjaNews

BPBD Minta Semua Elemen Siaga Hadapi Bencana

0
prediksi hujan
Ilustrasi Hujan (foto: Starjogja.com)

STARJOGJA.COM, JOGJA – BPBD DIY minta semua komponen siaga hadapi potensi bencana . Himbauan ini disampaikan berdasarkan prediksi BMKG yang menyebut DIY sampai 7 Januari mendatang berpotensi diguyur hujan lebat. Potensi hujan lebat juga disertai dengan angin kencang.

Kepala BPBD DIY Biwara Yuswanta menyebutkan kondisi ini berpotensi untuk menimbulkan banjir, longsor dan pohon tumbang. Ia meminta masyarakat juga turut bersiaga sembari turut aktif mengurangi resiko potensi bencana,

” Pangkas pohon yang terlalu lebat atau terlalu tinggi supaya terhindar dari kejadian pohon tumbang yang merusak rumah ataupun membahayakan warga,” ajaknya.

Warga juga diminta untuk mengecek bagian-bagian rumah yang berpotensi terbang diterjang angin kencang. Selain itu, masyarakat juga diajak untuk membersihkan saluran air guna menghindari potensi terjadinya banjir.

”  Cek kembali bagian-bagian rumah seperti atap seng dan papan yang berpotensi kabur terkena angin ,Kalau perlu diperkuat. Perhatikan papan reklame di dekat kita, kalau membahayakan silahkan lapor ke pihak berwenang agar bisa dikonsidikan,” himbaunya.

Biwara juga meminta semua komponen penanggulangan bencana di DIY seperti Tim Siaga Bencana Destana, TAGANA, SAR DIY, Relawan , Forum PRB dan komunitas untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan terutama lokasi-lokasi rawan banjir, banjir bandang dan tanah longsor di daerah masing-masing. Semua harus Siaga Hadapi Bencana.

” Peristiwa dampak Siklon Cempaka 2017 dan cuaca ekstrem 2018 diharapkan jadi referensi dlm meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Masyarakat yg tinggal di kawasan rawan banjir dan longsor untuk terus waspada,” tegasnya.

Pemda dan Masyarakat Harus Saling Membantu Tangani Banjir

Previous article

Ini 3 Penyakit di Musim Hujan dan Cara Mencegahnya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja