Lifestyle

Ingin Beli Mobil Bekas, Begini Cara Memastikan Mobil Bebas Banjir

0
mobil bekas
mobil bekas banjir (IST)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Tidak sedikit mobil yang bersliweran di jalanan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berplat nomer B. Selisih harga yang lumayan menjadi alasan membeli mobil berplat B.

Namun apabila dihitung-hitung dengan adanya biaya tambahan balik nama maka harga kendaraan dengan plat nomer B untuk mutasi ke DIY maka selisihnya bisa jadi tidak akan banyak.

Jika saat ini berencana untuk membeli kendaraan berplat nomer B maka Anda harus lebih teliti. Jangan sampai selisih lebih murah yang Anda dapatkan tidak akan menutup untuk biaya balik nama kendaraan atau mutasi, apalagi jika mobil tersebut ternyata bekas terkena banjir. Bukan tidak mungkin biaya yang akan Anda keluarkan jadi lebih banyak dan jatuhnya lebih mahal.

Baca juga: Regulasi Berubah, Mobil Listrik Makin Dilirik

Yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan membeli kendaraan bekas dan memastikan mobil tersebut bebas banjir.

Melansir CNNIndonesia pada Jum’at (3/1/2020), pemeriksaan yang perlu dilakukan pada kolong mobil. Ciri khas paling menonjol bila mobil pernah terendam banjir dikatakan memiliki cukup banyak karat seperti pada bagian rem di area cakram atau komponen besi lainnya.

Lalu disarankan cek kelistrikan secara keseluruhan, jajal berbagai fitur elektronik dan pastikan tidak bermasalah.

Kemudian periksa juga sela-sela karet mobil. Coba buka sedikit karet-karet yang memungkinkan untuk mengecek bekas air, jika ada bercak putih yang nyaris merata, bisa dinyatakan itu kemungkinan besar bekas air dan mobil tersebut pernah terendam banjir.

Kita juga perlu menggali identitas resmi dan riwayat mobil itu. Anda dapat menggali informasi dari STNK pemilik dengan melihat alamat pemilik sebelumnya, dengan begitu kita akan tahu daerah tempat tinggal sang pemilik apakah termasuk salah satu lokasi rawan banjir atau bukan.

Terakhir, jangan tergoda harga murah. Umumnya mobil bekas terendam banjir bakal dijual lebih murah dari harga normal di pasaran.

Jangan Sembarangan Tutup Selokan, Beginilah Prosedurnya

Previous article

Pola Makan Bisa Sebabkan Kebutaan di Usia Tua

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle