Flash InfoLifestyleNewsPendidikan

Ini Aplikasi yang Bisa Permudah Mahasiswa Garap Skripsi

0
aplikasi garap skripsi
Ilustrasi mahasiswa

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Aplikasi garap skripsi bernama Mendeley diyakini dapat memudahkan penyusunan berbagai karya ilmiah seperti tugas makalah, skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian dan jurnal ilmiah.

Mendeley desktop memungkinkan penggunanya memperkaya sumber referensi riset, hasil penelitian, menyusun tulisan sesuai prosedur pengutipan dan situasi yang benar, mengelola dokumen referensi serta dapat pula membantu penulis mengetahui perkembangan riset terkini.

Atas dasar itulah, Pengurus Komunitas Mahasiswa Pascasarjana (KMP) Program Pascasarjana (PPs) UNY menggelar kegiatan pelatihan penggunakaan aplikasi Mendeley tersebut yang diikuti 76 mahasiswa beberapa waktu lalu. Terdiri dari mahasiswa pascasarjana magister dan doktoral.

Ketua KMP PPs UNY Mashudi mengatakan kegiatan ini bertujuan melatih keterampilan hardskill mahasiswa menggunakan program aplikasi Mendeley sebagai aplikasi garap skripsi

“Manfaatnya akurasi sitasi dan kerapian sitasi pada artikel sangat signifikan, terstruktur sehingga terhindar dari kegiatan plagiarisme,” katanya dilansir dari laman resmi UNY, Rabu (1/1/2020).

Pelatihan kali ini dilakukan dengan beberapa inovasi baru yang berbeda dari tahun kemarin. Antara lain peserta tidak hanya dari mahasiswa pascasarjana UNY saja tapi dari universitas lain.

Kemudian model pelatihan menggunakan kelas paralel, instruktur dipilih dengan memberdayakan mahasiswa KMP yang telah berpengalaman menggunakan aplikasi Mendeley. Sebanyak dua orang instruktur disediakan dalam satu kelas.

“Langkah-langkah ini kami ambil agar KMP UNY dapat mandiri dan menebarkan manfaat tidak hanya untuk mahasiswa UNY tetapi mahasiswa dari universitas lain,” kata dia.

Mashudi menambahkan inovasi yang dilakukan tersebut sebanding dengan feedback peserta yang didapatkan melalui survei menggunakan google form. Menurut dia, lebih dari 80% peserta merasa nyaman dengan kondisi kelas dan pemahaman materi dapat diterima dengan mudah.

Box Office Disney Tembus US$11 Miliar Sepanjang 2019

Previous article

Cuaca Ekstrem Masih Terjadi di Pekan Depan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info