News

Puluhan Pohon tumbang di Bantul dan Kulonprogo

0
pohon tumbang di sleman
Ilustrasi pohon tumbang

STARJOGJA.COM, JOGJA – Puluhan Pohon tumbang di Bantul dan Kulonprogo . Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul menyebutkan bahwa kejadian angin kencang yang disertai hujan lebat melanda sebagian wilayah di tujuh kecamatan pada Jumat malam.

Manajer Pusat Pengendali Operasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Aka Luk Luk membenarkan bahwa hujan lebat disertai angin sejak Jumat sore hingga malam terjadi di wilayah Bantul.

“Kejadian angin kencang terjadi di wilayah Kecamatan Bantul, Kecamatan Bambanglipuro, Kecamatan Pandak, Kecamatan Pundong, Kecamatan Srandakan, Kecamatan Dlingo dan Kecamatan Jetis dan menyebabkan pohon tumbang,” katanya dikutip dari antara.

Dia mengatakan, pohon yang tidak kuat menahan terpaan angin kencang tersebut tumbang menghalangi jalan dan menimpa rumah warga, selain itu menimpa jaringan listrik perusahaan listrik negara (PLN).

Sementara itu, Sejumlah rumah dilaporkan rusak tertimpa pohon tumbang saat hujan disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Kulonprogo, Jumat (3/1/2020) sore.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo, mencatat ada sembilan peristiwa pohon tumbang saat hujan deras disertai angin kencang melanda Kulonprogo, dengan rincian lima menimpa rumah, dan lima lajnnya menutup akses jalan.

Dampak cuaca ekstrem ini juga menyebabkan sarana prasarana milik SMK N 2 Pengasih, yang berlokasi di Dusun Kembang, Desa Margosari, rusak. Di antaranya plafon ruang guru ambrol, atap seng di beberapa ruangan lepas, peralatan praktek di ruang peruntukan bengkel kayu dan mesin rusak.

Atap aula sekolah tersebut juga jebol hingga menimbulkan lubang cukup besar. Belasan tenda dan dekorasi untuk keperluan hajatan nikah yang sudah terpasang di aula juga porak poranda. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Tri Hidayah, satpam SMK N 2 Pengasih, mengatakan kerusakan sejumlah sarpras itu disebabkan karena terpaan angin kencang. Sekitar pukul 16.30 WIB, sempat gerimis. Namun tidak terjadi apa-apa. Tak berselang lama, datang hembusan angin yang cukup kuat dari arah barat.

“Langsung setelah itu bagian aula jebol, tenda yang rencananya buat hajatan nikah besok pagi juga ambruk, beberapa pohon yang ditanam di dekat tempat parkir juga ambruk,” ungkapnya.

2 Warga Gunungkidul Diduga Terjangkit Antraks

Previous article

FDA Umumkan Larangan Produk Vaping Beraroma

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News