Kota JogjaNews

Ini Penyebab Jogja Tidak Hujan Dalam 3 Hari Terakhir

0
prediksi hujan
Ilustrasi Hujan (foto: Starjogja.com)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Badai tropis Claudia jadi Penyebab Jogja Tidak Hujan Dalam 3 Hari Terakhir. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut cuaca cerah yang terjadi karena faktor badai tropis Claudia di kawasan Australia.

Tamsi, Staff BMKG Yogyakarta mengatakan badai itu membuat pola angin berubah sehingga menyebabkan sebagian besar DIY tidak diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir. Penyebab Jogja Tidak Hujan Dalam 3 Hari Terakhir

“Jadi ada beberapa hari cuaca cerah atau cerah berawan, itu karena sekarang ini sering muncul gangguan-gangguan cuaca jangka pendek. Contohnya ini karena ada badai tropis Claudia dan kebetulan minggu lalu ada badai tropis juga di sekitar Australia, namanya badai tropis Blake,” ucap Tamsi , Rabu Pagi (15/01).

Ia mengatakan adanya gangguan cuaca badai tropis ini mempengaruhi kondisi cuaca di wilayah DIY, sehingga cuaca terbilang cukup cerah. Kondisi ini dimungkinkan terjadi hingga dua hari ke depan.

“Itu membuat perubahan pola angin, juga membuat curah hujannya berkurang. Tapi hujan tetap ada lho, utamanya di daerah yang tinggi seperti di daerah pakem ataupun kaliurang,” lanjutnya.

Ia menghimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan dan angin kencang yang sering muncul di Siang dan Sore hari.

” Badai tropis claudia ini bisa juga medatangkan angin kencang yang terjadi di sejumlah wilayah. Tidak merata tapi terjadi secara sporadis,” lanjutnya.

Menurut , kondisi ini terbilang wajar pada saat musim hujan saat ini. Berdasarkan pengamatan BMKG sendiri, badai itu akan segera hilang dalam waktu dekat.

“Tapi ini hanya sesaat. Kalau gangguannya sudah punah atau hilang, kita kembali ke musim hujan yang normal atau rutin. Badai ini hanya sebentar, paling dua hari lagi hilang,” ucapnya.

Polisi Geledah Rumah Kontrakan Raja KAS di Godean

Previous article

Orang Berusia 48 Tahun Paling Tidak Bahagia di Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja