Flash InfoHealth

Virus Korona Baru Mungkin Menyebar Antar Manusia

0
Hotspot penularan corona
Seorang pekerja medis China memeriksa suhu seorang pendatang di sebuah pos pemeriksaan di jalan bebas hambatan menuju Wuhan, ibu kota provinsi Hubei, 10 Mei 2003. (Foto: Reuters)

STARJOGJA.COM,HEALTH – Virus Korona Baru Mungkin Menyebar Antar Manusia. Kemungkinan virus baru yang ditemukan di China Tengah bisa menyebar antar manusia tidak bisa dihapuskan, meskipun resiko penyebarannya pada saat ini rendah.

Empat puluh satu orang di kota Wuhan telah didiagnosa mengidap jenis baru virus corona yang selama ini diketahui bisa menyebabkan selesma atau penyakit lain yang lebih serius. Seorang pria berusia 61 tahun yang diketahui terkena virus itu -namun juga diketahui mengidap sejumlah penyakit lain -meninggal Sabtu lalu (11/1).

Sementara penyelidikan-penyelidikan pendahuluan menunjukkan, kebanyakan pasien yang terkena virus itu bekerja atau mengunjungi sebuah pasar makanan laut, seorang perempuan terinfeksi virus itu dari suaminya, kata Komisi Kesehatan Kota Wuhan, dalam sebuah keterangannya.

Seorang perempuan (kiri) meninggalkan Pusat Kesehatan Wuhan, di mana seorang pria yang dirawat karena penyakit pernafasan, meninggal, di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, 12 Januari 2020. (Foto: AFP)

Komisi itu mengatakan, suami perempuan itu, yang jatuh sakit terlebih dahulu, bekerja di Huanan Seafood Wholesale Market. Sementara istrinya mengatakan, ia tidak pernah pergi ke pasar itu.

Seorang pejabat kesehatan Hong Kong mengatakan, ada kemungkinan perempuan itu terinfeksi virus dari makanan yang dibawa pulang suaminya dari pasar tersebut. Namun karena, ia tidak menunjukkan gejala apapun beberapa hari setelah suaminya jatuh sakit, ada kemungkinan suaminya itu yang justru menularkan virus tersebut ke dirinya.

Infeksi virus corona menyebabkan berbagai gejala termasuk hidung meler, sakit kepala dan demam. Badan Pengawasan dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan, jika gejala disertai napas pendek, tubuh menggigil dan nyeri tubuh, penderitanya kemungkinan tertular virus corona yang lebih berbahaya.

Para penumpang kereta api bawah tanah di Hong Kong, mengenakan masker sebagai tindakan preventif menghadapi virus korona yang disinyalir mulai merebak di China, 7 Januari 2020.

Pekan lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan, penyebab wabah di China yang terjadi saat ini adalah merupakan virus corona jenis baru. Virus tersebut merupakan anggota dari virus yang menyebabkan wabah Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Mengingat wabah itu terjadi menjelang liburan Tahun Baru Imlek, yaitu pada akhir Januari, pemerintah China khawatir, virus ini akan menyebar luas. Diperkirakan sekitar 440 juta warga China melakukan perjalanan menggunakan kereta, sementara 79 juta lainnya dengan pesawat. Pergerakan ini bisa menyebarkan virus dengan mudah.

SUMBER : VOA Indonesia

Optimalkan Promosi Jogja Untuk Gaet Wisatawan Asing

Previous article

Masyarakat Indonesia Makin Gemar Dompet Digital

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info