Warga di Pinggir Sungai Kecil Harus Ubah Perilakunya

0
sungai kecil
FOTO : BPBD Kota Yogyakarta

STARJOGJA.COM, JOGJA – Warga di Pinggir Sungai Kecil Harus Ubah Perilakunya. Ini jadi bagian dari kampanye kegiatan BPBD Kota Yogyakarta yang gelar apel kesiapsiagaan bencana alam dan kerja bakti di Sungai Buntung Kecamatan Tegalrejo. Acara diikuti kurang lebih 400 peserta dari berbagai element.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakata Hary Wahyudi mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya edukasi masyarakat untuk turut menjaga kebersihan sungai.

” Ini jadi konsen kami agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai. Dengan kesadaran ini diharapkan bisa merubah perilaku dan gaya hidup masyarakat yang tinggal di pinggir Sungai,” jelasnya kepada Starjogja.com,Sabtu ( 18/01).

Dalam kegiatan ini didapati masih cukup banyak sampah yang masuk sungai yang bermuara di Sungai Winongo ini.

” Kebanyakan sampah rumah tangga. Ada juga temuan limbah langsung masuk sungai tanpa lewat saluran IPAL,” lanjutnya.

Hary menyebutkan butuh kesadaran bersama dari semua pihak utamanya dari warga yang tinggal di pinggir sungai untuk menjaga kelestarian Sungai, utamanya sungai -sungai kecil yang menjadi penghubung ke sungai utama di wilayah Kota Yogyakarta seperti Code, Winongo dan Gajah Wong.

” Kalau di sungai -sungai besar ini relatif kesadarannya sudah bagus. Kami terbantu dengan keberadaan forum komunikasi sungai,” terangnya.

Di akhir kegiatan digelar deklarasi warga untuk turut menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah di sungai.Warga juga menyatakan siap menjaga kelestarian sungai. Perwakilan Warga 5 RW yang menandatangani deklarasi juga menyatakan siap menjadi masyarakat yang sadar bencan adan tangguh dalam menghadapi bencana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here