Kota JogjaNews

Cuaca Panas, Sejumlah Wilayah Tetap Berpotensi Hujan

0
Cuaca Yogyakarta
Ilustrasi Pantauan Radar Cuaca BMKG

STARJOGJA.COM, JOGJA –¬†Cuaca Panas, Sejumlah Wilayah Tetap Berpotensi Hujan. Meski cuaca panas melanda DIY dalam beberapa terakhir, hujan juga berpotensi terjadi. Wilayah yang dimungkinkan diguyur hujan adalah daerah di wilayah perbukitan atau lereng pegunungan. Cuaca cerah akan terjadi hingga 23 Januari mendatang.

Tamsi, Staff BMKG Yogyakarta menjelaskan selama 17-18 Januari 2020 awan hujan tidak terpantau di wilayah DIY karena kondisi atmosfer belum mendukung pembentukan awan hujan, antara lain karena munculnya pola angin yang menyebar (divergen).

“Pola angin yang menyebar itu kurang mendukung untuk pembentukan awan-awan hujan di Yogyakarta,” kata Tamsi kepada Star Jogja FM, Senin (20/01).

Ia menjelaskan suhu udara di DIY tercatat 33 derajat Celcius. Ini masih dalam kategori normal.

” Tidak ada awan yang terbentuk sehingga sinar matahari langsung ke bumi. makanya terasa panas menyengat,” lanjutnya.

Meskipun demikian, Tamsi menyebut tidak menutup kemungkinan ada beberapa lokasi yang dimungkinkan terjadi hujan. Hujan yang turun sifatnya sebentar dan dengan intensitas ringan sampai sedang .

” Di Kulonprogo, wilayah berpotensi terjadi hujan adalah di bagian utara seperti Samigaluh dan Kalibawang. Untuk Sleman bagian utara seperti daerah Pakem dan Kaliurang,” terangnya.

Untuk Kabupaten Gunungkidul, ia menyebutkan kecamatan Ngawen dan Gedang Sari utamanya di sekita Bukit Gambar juga berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan.

” Kalau Kabupaten Bantul ada di kecamatan Piyungan dan Imogiri,” lanjutnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan kembali mengguyur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam beberapa hari ke depan, setelah cuaca cerah dan suhu udara panas meliputi wilayah tersebut.

Film Bad Boys for Life 2020 Tipu Analis

Previous article

Virus Corona Baru Penyebab Merebaknya Pneumonia Wuhan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja