Kab KulonprogoNews

Hanyut Saat Mencari Ikan, 1 Orang Masih Dicari

0
FOTO : Basarnas

STARJOGJA.COM, KULONPROGO – Basarnas Yogyakarta .Senin Malam ( 20/01) melakukan pencarian satu korban hilang terbawa arus Sungai Progo di kawasan Jembatan Bantar, Kabupaten Kulon Progo. Korban hanyut saat mencari ikan.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta Anjasmoro mengatakan pihaknya mendapat informasi dari petugas PMI Kulon Progo bahwa pada 23.20 WIB, telah terjadi kondisi membahayakan manusia satu orang hanyut di Sungai Progo, tepatnya di kawasan Jembatan Bantar Sentolo.

“Pada 23.53 WIB, kami langsung memberangkatkan satu Tim Rescue berjumlah delapan personel yang dilengkapi dengan peralatan water rescue,” kata Anjasmoro dalam keterangan tertulisnya kepada Starjogja.com.

Ia menjelaskan kronologi kejadian tersebut, yakni ke empat korban atas nama Muji Mulyadim, Tian Antoni, Hendi Arisunandar, dan Falentinos Yofi Kurniawan, sekitar 22.00 WIB mencari ikan di Sungai Progo.

Ke empat orang tersebut nekat turun Sungai Progo dan korban terpeleset, rekan korban berusaha menolong dengan cara mengikat di kepis tetapi akhirnya teman korban melepasnya karena sudah kelelahan. Kemudian korban atas nama Hendi Aris Sunandar,15, warga Bantar Kulon, Banguncipto, terseret arus Sungai Progo sekitar 23.00 WIB. Tiga lainnya selamat.

Ia mengatakan sesampai di lokasi, Tim rescue Basarnas Yogyakarta langsung melaksanakan penyelamatan satu orang Korban atas nama Falentinos Yofi Kurniawan, 15, warga Malangan, Sentolo yang terdampar di batu di tengah Sungai Progo.

Pada 01.15 WIB korban atas nama Falentinos Yofi Kurniawan berhasil dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan ke tepi Sungai Progo dalam keadaan selamat, korban mengalami kaget dan kedinginan karena terlalu lama berada di atas bebatuan di tengah Sungai Progo yang arusnya cukup deras.

“Korban setelah dievakuasi dibawa ke tepi sungai yang aman untuk mendapat perawatan medis dari PMI Kulon Progo. Selanjutnya korban dibawa ke Polsek Sentolo untuk dimintai keterangan,” katanya.

Anjasmoro mengatakan berdasarkan keterangan tiga korban yang selamat, satu teman mereka atas nama Hendi Aris Sunandar tidak berhasil diselamatkan dan hanyut di Sungai Progo. Korban hanyut saat mencari ikan. Tim SAR gabungan akan melaksanakan Operasi SAR hari ini untuk melakukan pencarian Hendi yang hanyut.

Tim SAR gabungan yang terlibat terdiri dari Kantor Basarnas Yogyakarta, Polsek Sentolo, Koramil Sentolo, PMI Kulon Progo, SAR DIY, Sar Linmas DIY, Sar Semesta dan masyarakat sekitar.

Korelasi Depresi Umum dan Minum Teh

Previous article

Jangan Mudah Percaya Kerajaan Fiktif

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *