Kab BantulNews

Setelah Cuaca Panas, Waspadai Hujan Angin

0
angin kencang sleman
Ilustrasi angin kencang

STARJOGJA.COM. BANTUL – Setelah Masa Cuaca Panas Selesai, Waspadai Hujan Angin. Himbauan ini disampaikan oleh BMKG Yogyakarta.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca panas yang terjadi di musim penghujan saat ini akan bertahan sampai tiga hari ke depan. Setelah Masa Cuaca Panas Selesai, Waspadai Hujan Angin.

Kepala BMKG DIY, Agus Riyanto mengatakan selepas tiga hari ke depan, BMKG DIY memprediksi akan terjadi cuaca ekstrem. Pihaknya meminta masyarakat untuk mempersiapkan diri terhadap berbagai bencana yang dimungkinkan timbul pada saat cuaca ektrem seperti banjir, longsor, dan pohon tumbang.

Lebih lanjut Agus mengatakan bahwa saat ini dalam kondisi musim penghujan dan puncak musim hujan diprediksi terjadi di akhir Januari hingga awal Januari dengan intensitas hujan sedang hingga lebat yang mencapai 100 milimeter. Lebih tinggi dari normalnya 28-31 milimeter.

“Dasarian III/Januari hingga awal Februari kami mewaspadai sebagai puncak musim hujan,” ujar Agus seusai mengikuti rapat koordinasi kesiapan Pemerintah Kabupaten Bantul menghadapi potensi bencana 2020 di Parasamya, kompleks Kantor Pemerintahan Kabupaten Bantul, Selasa (21/1/2020).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memprediksi cuaca panas yang terjadi di musim penghujan saat ini akan bertahan sampai tiga hari ke depan. Masyarakat diminta tetap waspada terhadap penyakit yang ditimbulkan di masa anomali cuaca ini.

Cuaca sejak beberapa terakhir hingga tiga hari ke depan cukup panas karena adanya pola penyebaran angin sehingga menyebabkan awan di pulau Jawa khususnya di atas DIY menyebar dan kecil kemungkinan membentuk awan hujan

Saka Buana, Masjid Bambu Terbesar Dibangun di Banten

Previous article

Film Dolittle Bisa Kehilangan US$100 Juta di Box Office

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul