Flash Info

Bunga Bangkai Mekar di Pohon Medang

0
bunga bangkai mekar
bunga bangkai mekar tergantung (Antara)

STARJOGJA.COM, Info – Bunga Rafflesia arnoldii yang juga dinamakan bunga bangkai mekar sempurna di akar yang tergantung di pohon medang atau jauh di atas tanah dengan jarak 170 sentimeter di Jorong Data Simpang Dingin, Nagari Paninjauan, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Mekar tergantung bunga bangkai ini jelas menjadi hal baru.

“Bunga raflesia itu berada di pohon dan saat ini sudah mekar sempurna,” kata Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam Ade Putra, Kamis (23/1/2020).

Dia menyebutkan bahwa bunga raflesia yang mekar di pohon di wilayah Kecamatan Tanjungraya itu tergolong langka, sedangkan di Agam wilayah barat merupakan yang pertama kali ditemukan.

Biasanya, bunga yang dilindungi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem itu hidup di atas tanah.

“Ini suatu keunikan dan sebelumnya pengunjung kaget melihat kondisi itu dan berencana akan melihat apabila mekar nanti,” katanya.

Ade mengatakan bahwa bunga raflesia itu bisa tumbuh di pohon karena inangnya berupa tumbuhan akar jenis tetrastigma yang melilit batang pohon medang sampai pucuknya. Bakal bunga tumbuh di antara akar yang melilit batang pohon tersebut.

Baca juga: Bunga Bangkai Terbesar di Dunia Mekar 1 Minggu Lagi

Di Jorong Data Simpang Dingin terdapat dua tempat sebaran populasi bunga langka itu dengan jumlah knop 15 buah dengan perkiraan 1 bulan lagi akan mekar.

Lokasi mekar bunga itu berjarak perjalanan 15 menit dari permukiman warga Data Aia Gadang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan.

Untuk menuju lokasi, BKSDA telah memasang rambu-rambu penunjuk arah, papan informasi, dan papan larangan.

Sebelumnya, dua knop atau bonggol bunga raflesia mekar secara bersamaan dengan jarak sekitar 5 meter.

“Lokasi ini ditemukan pada 2018 lalu dan secara intensif mulai dilakukan pemantauan dan pengawasan oleh BKSDA,” katanya.

Sumber : Antara

Penyakit Demam Berdarah Jadi Ancaman di Musim Hujan

Previous article

Menanti Aksi Robert Downey Jr. di Film Dolittle

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info