Pendidikan

Gempa Bantul, Kearifan Lokal Komunitas Kunci Bangkit

0
Kearifan lokal komunitas
Promosi Untoro Hadi (Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Kearifan lokal komunitas menjadi kunci dan modal sosial bagi masyarakat Bantul saat menghadapi dampak bencana gempa bumi 27 Mei 2006 silam. Masyarakat Bantul mengimplementasikan kearifan lokal komunitas dalam mengatasi dampak gempa, mulai dari sesaat setelah terjadinya gempa bumi, fase tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi, hingga fase rekonsiliasi komunitas.

“Masyarakat Bantul menempatkan kearifan lokal komunitas sebagai pandangan hidup dan ilmu pengetahuan untuk menjawab berbagai masalah dalam mempertahankan dan memenuhi kebutuhan hidup mereka, termasuk mengatasi dampak gempa 2006 lalu,” tutur mahasiswa program doktor Fakultas Geografi UGM, Untoro Hadi dalam ujian terbuka program doktor Jumat 24 Januari 2020.

Dia menjelaskan kearifan lokal komunitas diimplementasikan menjadi daya tahan, daya juang, dan daya bangkit bagi masyarakat setempat.

“Ketiga daya tersebut bersinergi dengan daya ungkit atau solidaritas eksternal, rekonsiliasi komunitas dan kepemimpinan,” sebut dosen Universitas Janabadra Yogyakarta ini.

Baca Juga : Korban Difabel Gempa Bantul Butuh Adaptasi

Lebih lanjut Untoro Hadi memaparkan implementasi kearifan lokal masyarakat Bantul berbeda-beda di tiap wilayahnya. Pada masyarakat pegunungan masih memegang teguh kearifan lokal komunitas, tidak hanya untuk menghadapi bencana saja. Namun kearifan lokal komunitas juga digunakan untuk menggali potensi wilayah untuk mewujudkan kesejahteranaan hidupnya.

Kondisi serupa juga terjadi pada masyarakat daerah pesisir. Kearifan lokal diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Sementara pada masyarakat perkotaan, kearifan lokal komunitas semakin lama ditinggalkan akibat masuknya arus modernisasi yang menggerus nilai-nilai luhur dan budaya Jawa.

Erick Thohir Sempat Berniat Undang Kobe Bryant ke Indonesia

Previous article

9 Proyek Strategis Sleman Tahun 2021

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan