Kab BantulNews

BPBD Bantul Waspadai Dua Sungai Besar

0
waspadai dua sungai
foto : Sampai Kiriman Di bendungan Yang Ada Di Bantul

STARJOGJA.COM. BANTULBPBD Bantul Waspadai Dua Sungai Besar. Ini seiring Prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY yang mengatakan bahwa intensitas hujan akan meninggi pada Februari.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Dwi Daryanto mengakui tengah meningkat intensitas pemantuan di sejumlah titik rawan bencana hidrometeorologi. BPBD Bantul waspadai dua sungai besar yang mengalir di Bumi Projotamansari, yakni Sungai Opak dan Sungai Oya.

Untuk itu BPBD Bantul sangat mengandalkan pos pantau yang ada di sekitar bantaran dua sungai itu untuk senantiasa melaporkan kondisi terkini.

“Pada prinsipnya, kami siaga sepanjang tahun. Karena Bantul kan memang tergolong rawan terdampak bencana alam. Kami juga menempatkan 20 pos pantau untuk meng-update informasi terbaru dari sana,” ujar Dwi, Minggu, (2/2/2020).

Selain banjir, BPBD Bantul juga mengantisipasi potensi tanah longsor. Dwi menyebut ada beberapa wilayah yang masuk kategori rawan tanah longsor, di antaranya adalah beberapa titik di Kecamatan Piyungan, Dlingo, dan Imogiri.

Dwi mengklaim jumlah peralatan dan personel sudah cukup siap untuk berjaga-jaga selama musim hujan. Dinasnya pun selalu memperbarui informasi cuaca dari BMKG DIY.

“Kami selalu memantau informasi tentang potensi hujan dan kecepatan angin. Kami mengambil langkah berdasarkan informasi itu,” ucap Dwi.

Tak hanya itu upaya preventif juga telah disiapkan demi mengantisipasi potensi bencana. Bersama dengan instansi terkait, rapat koordinasi sudah dilakukan yaitu pada akhir 2019 dan awal 2020 lalu. BPBD Bantul juga terus memaksimalkan peran masyarakat dalam upaya siaga bencana selama musim hujan.

“Desa-desa juga sudah ikut aksi dengan cara bersih-bersih sungai, memangkas pohon, dan kegiatan mitigasi lainnya,” kata Manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Bantul Aka Luk Luk Firmansyah.

SUMBER : HARIAN JOGJA

Polisi Kantongi Identitas Pelaku Pembacokan Nanggulan

Previous article

Karakter Perempuan Mendominasi Film Animasi 2019

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul