Penerbangan Pindah ke YIA Pada 29 Maret

0
yia Menargetkan 20 juta penumpang
FOTO : DENI

STARJOGJA.COM, JOGJA – Penerbangan Pindah ke YIA Pada 29 Maret. Ini sesuai dengan hasil “Konferensi Slot Time Penerbangan Periode Summer 2020” yang diadakan di Cirebon 9-13 Desember 2019 lalu,

GM PT.Angkasa Pura 1 Pandu Agus Purnama mengatakan pada 29 Maret 2020 mendatang akan dilaksanakan pemindahan penerbangan sebanyak 75 penerbangan (150 pergerakan pesawat) rute domestik dan 8 pergerakan rute internasional dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

” Penerbangan pindah. Ke depannya, YIA akan beroperasi selama 24 jam setiap hari, dari yang sebelumnya hanya beroperasi selama 12 jam setiap hari,” jelasnya.

Ia juga menerangkan Bandara Adisutjipto akan beroperasi selama 12 jam (06.00-18.00 WIB) dan hanya melayani 16 pergerakan pesawat propeller dan ‘general aviation’. Terminal yang akan digunakan untuk keberangkatan di Bandara Adisutjipto adalah Terminal B, sementara Terminal A akan digunakan untuk area kedatangan penumpang.

” Saat ini, sudah terdapat 8 maskapai yang mengajukan slot sebanyak 96 penerbangan di YIA. Maskapai tersebut adalah Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Citilink, Indonesia AirAsia, Sriwijaya Air, Nam Air, dan Express Air,” lanjutnya.

Sedangkan, untuk penerbangan internasional, rute dan maskapai ‘existing’ di Bandara Adisutjipto juga akan beroperasi di YIA pada akhir Maret mendatang.

Diketahui, Ketika beroperasi penuh nanti, AP I akan mengoperasikan terminal YIA yang memiliki luas 219.000 meter persegi dengan kapasitas 20 juta penumpang per tahun. Saat ini, Adisutjipto yang memiliki kapasitas 1,8 juta penumpang melayani 8 juta penumpang per tahun. Adisutjipto juga melayani 188 penerbangan setiap hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here