Health

Ini Kebiasaan yang Salah pada Pagi Hari

0
manfaat air minum

STARJOGJA.COM, Info – Terkadang seseorang sudah melakukan diet seimbang dan berolahraga secara teratur tetapi ternyata tidak mampu menurunkan berat badan secara optimal. Ternyata, hal tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh kebiasaan yang salah pada pagi hari.

Kesalahan yang dilakukan pada awal hari, rupanya akan menganggu aktivitas metabolisme dan jumlah energi optimal yang dikeluarkan sepanjang hari. Berikut delapan kebiasaan pagi hari yang salah yang menyebabkan Anda sulit menurunkan berat badan seperti dikutip dari blodsky.com.

1. Melewatkan Air Minum

Tidak minum air yang cukup pada pagi hari adalah suatu kesalahan besar. Untuk meningkatkan penurunan berat badan, salah satu cara terbaik dan termudah adalah memulai hari dengan satu atau dua gelas air hangat. Minum air hangat di pagi hari akan membantu membersihkan sistem dan meningkatkan metabolisme Anda. Hal ini juga dapat membantu mengurangi nafsu makan dan asupan kalori pada beberapa orang. Oleh karena itu, mulailah hari Anda dengan segelas air hangat dan tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari untuk mempercepat penurunan berat badan.

Baca Juga : Awas ! 8 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Merusak Kesehatan Mata

2. Makan Makanan Olahan

Mengonsumsi makanan olahan untuk sarapan adalah salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan banyak orang dan dapat menghambat penurunan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Memasukkan makanan yang digoreng dan olahan akan menghambat rencana diet penurunan berat badan Anda, karena makanan tersebut mengandung gula dan garam dalam jumlah berlebih yang dapat memicu kenaikan berat badan yang tidak sehat dan menghambat proses penurunan berat badan tambahan.

Makanan olahan ini ternyata dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makan secara berlebihan. Sebagai gantinya, miliki alternatif sehat seperti buah-buahan, oatmeal, kacang-kacangan, dll.

3. Melewatkan Sarapan

Sarapan adalah makanan terpenting untuk meningkatkan tingkat energi Anda dan membantu menstabilkan kadar glukosa. Melewatkan sarapan adalah kesalahan lainnya, karena itu dapat mengacaukan metabolisme dan memperlambat proses pembakaran lemak tubuh.

Jika melewatkan sarapan, Anda cenderung membuat keputusan kebiasaan makan yang buruk di siang hari. Selain itu, sarapan yang baik mengurangi hasrat Anda dan dapat membantu mencegah hasrat yang tidak sehat.

4. Makan Terlalu Sedikit

Salah satu kebiasaan terburuk pada pagi hari yang dapat memengaruhi berat badan adalah makan sarapan yang rendah nutrisi. Sarapan ideal harus mengandung antara 500 hingga 600 kalori, yang mencakup nutrisi seperti karbohidrat, protein, antioksidan, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini akan membantu menurunkan berat badan.

5. Menunggu Terlalu Lama

Menunggu sarapan terlalu lama juga dapat memicu kenaikan berat badan, karena tubuh Anda membutuhkan energi untuk mengaktifkan fungsinya. Selain itu, perut Anda terasa kosong dan meningkatkan produksi asam sebagai respons, yang dapat menyebabkan peradangan dan gejala gastritis. Jadi, makanlah dalam dua jam pertama bangun dari tempat tidur

6. Tidak Berolahraga

Latihan pagi hari dapat membantu membakar lebih banyak kalori dan berpotensi mencegah penambahan berat badan. Menurut sebuah penelitian, berolahraga pada pagi hari dengan perut kosong dapat membantu orang membakar lebih banyak lemak tubuh dan berkontribusi pada penurunan berat badan. Tidak perlu pergi ke gym setiap pagi. Rutinitas latihan Anda bisa apa saja mulai dari berjalan, berlari, lompat dan jogging.

7. Tidur Berlebihan

Tidur 7-8 jam setiap hari dianggap baik untuk kesehatan, tetapi, tidur lebih dari 10 jam sehari justru dapat meningkatkan indeks massa tubuh Anda. Tidur berlebihan akan menunda waktu sarapan Anda dan Anda akan makan sarapan lebih larut, yang selanjutnya akan memengaruhi metabolisme Anda yang akan dimulai di kemudian hari.

8. Tidak Mendapatkan Sinar Pagi yang Cukup

Tahukah Anda bahwa tidak mendapatkan cukup sinar matahari pagi dapat menyebabkan penambahan berat badan? Penelitian telah menunjukkan bahwa sinar UV dari matahari di pagi hari adalah sehat dan dapat memberikan energi ke tubuh sambil meningkatkan aktivitas metabolisme.
Sumber : Bisnis

Ada Jokowi di New York Fashion Week

Previous article

Ribuan Orang Jogja Ikut Gerakan Nasional Sarapan Sehat Setiap Hari

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health