Flash Info

Menjadi Lebih Optimistis Agar Hidup Lebih Baik

0
Bahagia
(read)

STARJOGJA.COM, Info – Semua orang pernah mengalami pesimis dalam hidupnya, ketika dihadapkan dalam sebuah masalah yang cukup berat. Hal ini sangat manusiawi, karena manusia pada umumnya memiliki perasaan terhadap apa yang dihadapinya. Tetapi, daripada Anda bersikap pesimis, sebaiknya segera mengubah sikap Anda menjadi lebih optimistis, agar rencana Anda berjalan lebih baik.

Bersikap optimistis, memang membutuhkan energi dan pikiran yang positif. Psikolog terkenal, Martin Seligman, menunjukkan melalui penelitiannya bahwa kita dapat belajar untuk lebih optimis dengan melatih diri kita untuk melakukannya.

Di bawah ini adalah dua kegiatan meningkatkan optimisme berdasarkan buku yang diterbitkan Seligman, The Stress Survival Guide for Teens, untuk membantu Anda berlatih menjadi lebih optimis:

Renungkan

Renungkan situasi saat ini yang menurut Anda tidak akan berubah sebaik yang Anda inginkan. Apa keyakinan yang sejalan dengan melihat situasi ini secara negatif? Luangkan waktu sejenak untuk mengidentifikasi perasaan dan reaksi tubuh yang Anda alami sekarang atau yang Anda alami setiap kali situasinya tampak terburuk.

Baca Juga : Rossi Optimis Jelang MotoGP Malaysia

Dan tanyakan pada diri sendiri apa yang Anda rasakan saat ini dan harapan apa ke depannya. Setelah itu, pikirkan hal-hal yang positif ke depannya, dan hindari stres yang sudah terjadi.

Karena, tidak selamanya ke depannya masalah akan kembali datang dalam hidup Anda. Mari kita beralih ke aktivitas yang dikembangkan oleh peneliti Laura King dan dipopulerkan oleh Sonja Lyubomirsky yang memfokuskan kekuatan optimisme dengan membuat Anda melihat kesuksesan dan kebahagiaan jangka panjang Anda untuk membantu Anda merasa lebih baik sekarang.

Anda dapat menggunakannya kapan saja Anda merasa sedih tentang kehidupan Anda secara umum. Dengan melakukan itu, Anda akan melatih otak Anda untuk mengambil pandangan yang lebih optimis dari keseluruhan masa depan Anda!

Melihat sisi positif dari diri sendiri

Tutup mata Anda dan pikirkan kehidupan Anda sekarang. Kemudian perlahan-lahan mulai maju cepat. Bayangkan segala sesuatunya berjalan baik dalam beberapa bulan ke depan — secara akademis, sosial, dalam kehidupan pribadi Anda, dan dalam pekerjaan Anda, jika Anda memilikinya. Apa yang telah Anda capai, dan apa yang Anda lakukan? Visualisasikan hidup terbaik Anda enam bulan dari sekarang, dalam semua detail itu. Sudahkah Anda memikirkan segalanya?

Sekarang bayangkan hal terbaik dalam hidup Anda di satu tahun terakhir. Anda telah bekerja untuk mengatasi tantangan Anda dan membuat kemajuan. Anda setahun lebih tua, setahun lebih bijaksana, setahun lebih dekat ke tujuan jangka panjang Anda.

Lalu bayangkan kehidupan terbaik Anda lima tahun dari sekarang. Anda telah memiliki banyak keberhasilan. Seperti apa keluarga atau kehidupan romantis Anda, dan bagaimana Anda menjaga hubungan Anda tetap kuat? Tempat menarik apa yang diambil karier Anda? Dengan tujuan dan target itu, akan membuat Anda lebih optimistis menjalani masa depan.

Sumber : psycology today

Freddie Mercury Jadi Nama Jalan di London

Previous article

Potensi Cuaca Ekstrem Masih Sampai 28 Februari

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info