Health

Pasien Positif Virus Corona Malaysia Sempat ke Indonesia

0
Rakyat China demo

STARJOGJA.COM, Info – Indonesia hingga saat in belum ada kasus pasien positif virus corona. Negara Malaysia dan Selandia baru merilis dua kasus terbaru pasien positif virus corona baru (Covid-19) sempat mengunjungi Indonesia sebelum dipastikan sakit di negaranya.

Malaysia melaporkan kasus ke-24 Covid-19 pada Jumat (28/2/2020). Pasien perempuan berkewarganegaraan Jepang berusia 41 tahun yang bekerja di Malaysia itu disebut telah mengunjungi Jepang pada Januari dan Indonesia pada awal Februari. Kendati demikian, tanggal pasti dan kota yang dikunjungi pasien tersebut selama di Indonesia tidak dijelaskan lebih lanjut.

Baca juga: WHO Ingatkan Tidak Ada Negara Kebal Virus Corona

Direktorat Jenderal Kesehatan Malaysia dalam situs resminya menyebutkan bahwa perempuan tersebut adalah satu dari dua pasien positif Covid-19 yang diumumkan pada Jumat. Sampai saat ini, total kasus Covid-19 di Malaysia berjumlah 25 kasus.

“Pasien mempunyai gejala demam dan telah dirawat sejak 17 Februari 2020. Yang bersangkutan dirawat ke salah satu rumah sakit swasta pada 20 Februari 2020. Pasien dipastikan positif Covid-19 pada Kamis 27 Februari 2020. Pasien kini tengah dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Kuala Lumpur,” lapor otoritas Malaysia seperti dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (29/2/2020).

Sementara itu, melalui akun resmi Twitter-nya, Kementerian Kesehatan Selandia Baru pun melaporkan kasus perdana Covid-19. Seorang pasien perempuan berusia 60-an tahun yang terbang dari Iran ke Auckland via Bali dipastikan menderita Covid-19 usai kunjungan ke lokasi-lokasi tersebut.

Pemerintah Selandia Baru lantas menghimbau para penumpang penerbangan maskapai Emirates EK450 yang tiba di Auckland pada Rabu (26/2/2020) tersebut untuk melapor ke otoritas setempat.

“Siapapun yang berada pada penerbangan Emirates EK450 yang tiba di Auckland pada Rabu 26 Februari dan khawatir [akan kesehatannya] harus menghubungi Covid-19 Healthline di nomor 0800 358 5453,” tulis mereka.

Dua laporan ini menambah kasus Covid-19 di luar Indonesia dengan riwayat pasien yang sempat mengunjungi Tanah Air. Sebelumnya, otoritas China sempat melaporkan seorang pasien di Provinsi Anhui yang positif terjangkit Covid-19 dengan riwayat kunjungan ke Bali pada akhir Januari. Media asal Jepang, NHK, juga melaporkan satu kasus Covid-19 pada seorang warga Tokyo berusia 60-an tahun yang baru saja mengunjungi Bali pada 15 Februari.

Sumber : Bisnis

Ini Pelatih Tim Liga 1 Indonesia 2020

Previous article

Kunci Penghentian Virus Corona Menurut WHO

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health