Health

Orang Sehat Tidak Dianjurkan Memakai Masker

0
perkembangan Covid-19
Warga mengenakan masker di stasiun kereta di Beijing, China, Jumat (24/1/2020). - Yomiuri Shimbun via Reuters

STARJOGJA.COM, Info – Menghindari terkena penyakit virus corona banyak orang membeli dan menimbun masker. Apakah sebenarnya masker ini efektif untuk mencegah penularan ? Menurut spesialis pencegahan infeksi Eli Perencevich, MD, seorang profesor kedokteran dan epidemiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Iowa orang yang sehat tidak dianjurkan memakai masker.

“Sekalipun ada kasus di sebelahnya, jawabannya tidak, Anda tidak perlu memakai atau memakai masker wajah, masker bedah, masker N95, masker respirator, atau apa pun lainnya untuk melindungi diri Anda dari virus korona. Anda tidak hanya tidak membutuhkannya, Anda tidak boleh memakainya,” ujarnya seperti dikutip dari Forbes.com.

Dia menjelaskan rata-rata orang yang sehat tidak perlu memiliki masker, dan mereka seharusnya tidak mengenakan topeng. Dia menjelaskan tidak ada bukti bahwa memakai topeng pada orang sehat akan melindungi mereka. Mereka memakainya secara salah, dan mereka dapat meningkatkan risiko infeksi karena mereka lebih sering menyentuh wajah mereka.

Baca Juga : Masker Khusus Anjing Cegah Virus Corona

Hanya Pakai Topeng Jika Sakit

Dia menjelaskan alasan kenapa orang sehat tidak perlu pakai masker. Pertama-tama, masker tidak dapat menghentikan virus mencapai mulut atau hidung mereka. Virus corona ditularkan melalui tetesan, bukan melalui udara. Itu berarti Anda tidak dapat menghirupnya secara acak, tetapi itu juga berarti masker bedah standar yang Anda lihat dipakai tidak akan membantu.

Masker itu dirancang untuk menjaga agar tetesan tetap masuk bukan untuk mencegahnya dan dimaksudkan agar pemakainya tidak membuat orang lain sakit.

“Saat yang tepat Anda pakai masker adalah ketika sakit dan harus meninggalkan rumah,” kata Dr. Perencevich.

Masker juga bisa dipakai di rumah ketika Anda merasa sakit untuk melindungi anggota keluarga Anda.

Selain itu, jika Anda merawat seseorang dengan virus corona di rumah Anda, sebaiknya mengenakan masker ketika dekat dengan orang itu, yang juga harus memakai masker, kata Dr. Perencevich.

Selain itu, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan untuk cara yang benar untuk memakai dan membuang masker.

Cuci tangan rutin

Cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari virus corona adalah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air secara teratur. Karen Fleming, PhD, seorang profesor biofisika di Johns Hopkins University, menjelaskan virus corona adalah virus ‘diselimuti’, yang berarti ia memiliki lapisan membran lipid luar,” lapisan luar lemak. “Mencuci tangan dengan sabun dan air memiliki kemampuan untuk ‘melarutkan’ lapisan lemak berminyak ini dan membunuh virusnya.

Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah makan dan cobalah melatih diri Anda untuk tidak menyentuh wajah Anda, “terutama mulut dan hidung Anda,” kata Dr. Perencevich. Juga bawa pembersih tangan untuk berjaga-jaga jika Anda tidak bisa mendapatkan sabun dan air setelah menyentuh wajah Anda atau permukaan lain yang mengandung kuman (seperti gagang pintu).

“Hanya karena itu adalah virus pernapasan, bukan berarti virus itu masuk ke tubuh Anda melalui pernapasan,” katanya. “Itu bisa masuk ketika tangan Anda yang terkontaminasi menyentuh mulut atau wajah Anda. Jadi, cuci tangan Anda, dan jangan menyentuh mulut atau wajah Anda tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. “

Anda juga dapat melindungi diri melalui jarak sosial: Jika Anda melihat seseorang batuk atau bersin atau terlihat sakit, jauhkan diri setidaknya tiga kaki darinya karena sejauh itulah sebagian besar tetesan akan bergerak.

Sumber : Bisnis

Masuknya Virus Corona, Jokowi Siapkan 100 RS

Previous article

Menjaga Kebersihan Diri Antisipasi Virus Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health