Kab Sleman

Gunung Merapi Erupsi dengan Tinggi Kolom 6 KM

0
Gunung Merapi erupsi
Gunung Merapi erupsi, hujan samapi di Gentan Solo (Aya)

STARJOGJA.COM, Info – Gunung Merapi kembali erupsi pada Selasa (3/3/2020) pukul 05.22 WIB dengan tinggi kolom erupsi vertikal kurang lebih 6.000 meter (6 km) dari puncak.

Berdasarkan informasi dari BPPTKG, erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 450 detik. Sedangkan, awan panas guguran ke arah hulu Kali Gendol dengan jarak maksimal dua kilometer. Sementara, untuk arah angin saat erupsi menuju ke utara.

Sementara itu, Kabid Kedauratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan jika warga sudah siaga di titik kumpul dan daerah bahaya dikosongkan dengan radius 3 kilometer dari puncak.

Baca Juga : Gunung Merapi Kembali Erupsi

“Belum perlu evakuasi warga,” ujar Makwan, Selasa (3/3/2020).

Lebih lanjut, berdasarkan catatan dari BPPTKG Gunung Merapi yang sudah berstatus waspada sejak 21 Mei 2018 ancaman bahaya yang potensial ditimbulkan saat ini berupa luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif.

Kemudian, area dalam radius 3 km dari puncak Gunung Merapi agar tidak ada aktivitas manusia.

“Masyarakat agar mengantisipasi bahaya abu vulkanik dari kejadian awan panas maupun letusan eksplosif. Masyarakat agar juga mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di sekitar puncak Gunung Merapi,” imbau BPPTKG.

Erupsi Merapi ini membuat hujan abu sampai di kota Surakarta atau Solo. Mulai dari Boyolali, Sukoharjo hingga Kota Solo terdampak hujan abu Merapi.

Merapi Erupsi, Bandara Adi Soemarmo Ditutup Sementara

Previous article

Kelabui Polisi, Aga Buat Sabu-sabu Bungkus Permen

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman