News

Merapi Erupsi, Bandara Adi Soemarmo Ditutup Sementara

0
Bandara Adi Soemarmo
SUMBER : BPPTKG

STARJOGJA.COM, Info – Pihak otoritas Bandara Adi Soemarmo memutuskan menutup sementara penerbangan sebagai dampak adanya hujan abu vulkanis Gunung Merapi yang mengalami erupsi, Selasa (3/3/2020) pagi.

Penutupan ini berdampak pada penerbangan domestik yang harus ditunda. Humas Bandara Adi Soemarmo, Danardewi, mengatakan bandara ditutup sementara untuk beberapa jam ke depan, yakni pukul 09.10 WIB – 13.30 WIB.

Hal ini lantaran adanya hujan abu dari erupsi Gunung Merapi.

“Landasan dilakukan tes positif terdapat abu Merapi. Akibatnya, beberapa penerbangan terdampak sehingga harus dibatalkan,” ujarnya, kepada wartawan, Selasa (3/3/2020).

Baca Juga : Gunung Merapi Kembali Erupsi

Danardewi menambahkan ada tiga penerbangan yang terdampak penutupan bandara ini. Ketiganya adalah Lion Air JT534 rute SOC – CGK, Garuda Indonesia rute CGK – SOC, dan Air Asia rute DPS – SOC.

Adapun Garuda Indonesia dan Air Asia batal terbang atau cancel, sementara Lion Air on ground.

“Sifatnya sementara sampai nanti melihat kondisi lebih lanjut,” jelasnya.

GM Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta, Agus Pandu Purnama memastikan penerbangan di Adisutjipto tak terdampak erupsi Gunung Merapi. Pandu menerangkan aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Adisutjipto tetap aman dan berjalan normal seperti biasa.

“Dari pengamatan yang di lakukan AFFR dan AOCC pada pukul 06.00-06.50 WIB tiupan angin mengarah ke utara dan barat daya. Pengecekan dengan paper test juga menunjukkan keadaan negatif [tidak mengganggu penerbangan],” katanya.

Pandu memaparkan dari papertest yang dilakukan pasca-erupsi Gunung Merapi, hasilnya negatif. Sehingga saat ini tak ada penerbangan di Bandara Adisutjipto yang ditunda atau dibatalkan paska erupsi Gunung Merapi.

Informasi Virus Corona, AJI Minta Media Lindungi Jurnalis

Previous article

Gunung Merapi Erupsi dengan Tinggi Kolom 6 KM

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News