Flash Info

4 Tips dalam Memilih Mainan Anak

0

STARJOGJA.COM, Info- Tips memilih jenis mainan anak dibutuhkan orang tua. Mulai dari aman dari bahan berbahaya, hingga jenis yang seharusnya bisa memicu perkembangan anak baik secara sensorik ataupun motorik.

Psikolog pendidikan Robyn Koslowitz melalui Psychologytoday.com menyebutkan ada empat hal penting yang harus diperhatikan saat memilih mainan anak. Pertama, mainan mendorong pengembangan kapasitas perkembangan saraf, mendorong pengembangan kapasitas pengaturan diri, mainan yang dibuat dengan baik. Dan terakhir mainan itu bisa mendidik.

Berikut penjelasannya dari empat faktor tersebut :

Orang tua harus memikirkan kapasitas perkembangan saraf yang harus diandalkan anak saat bermain game. Misalnya, permainan puzzle atau maze mengharuskan anak untuk menggunakan pembicaraan pribadi untuk membantu memecahkan teka-teki.

Baca juga : Sosok Rita Indriana Perangkul Difabel dalam Mainan Anak

Kapasitas anak untuk terlibat dalam pembicaraan pribadi memengaruhi perkembangan kognitif anak itu. Jadi, ketika anak “berbicara sendiri melalui” permainannya, bahasa dan perkembangan bicaranya meningkat.

Tentu saja, semakin dia memainkan permainan ini, semakin kuat keterampilan itu, dan itu bisa digeneralisasi ke domain pendidikan lainnya.

Pikirkan semua pelajaran hidup yang berharga yang dipelajari anak-anak saat bermain bahkan permainan pemula yang sederhana. Misalnya, permainan seperti Candy Land mengajarkan anak-anak cara bermain papan permainan, memungkinkan mereka berlatih bergiliran, dan membantu anak-anak mengatasi kekecewaan.

Permainan yang lebih kompleks memiliki komponen toleransi frustrasi, terutama ketika seorang anak menavigasi kurva belajar. Sangat mudah untuk menyerah dan berhenti bermain, tetapi semakin banyak Anda berlatih, semakin baik hasilnya. Game berbasis keterampilan membantu anak-anak belajar untuk tenang, mengelola frustrasi, dan terus berusaha.

Kuncinya adalah menunjukkan kepada anak bahwa dia mengendalikan rasa frustrasinya dan bertahan, meskipun dia belum berhasil. Biarkan dia tahu bahwa kapasitas yang sama yang dia gunakan untuk mencapai hal ini dapat membantunya saat berikutnya dia terjebak pada masalah matematika atau memiliki percakapan yang membuat frustrasi dengan teman. Sama seperti dia dapat mengatur frustrasinya untuk menguasai permainan, dia juga bisa menguasai frustrasinya di sekolah dan di lingkungan sosial juga.

Awet

Godaan untuk membeli game atau mainan yang murah dibuat bisa dimengerti. Bagaimanapun, mengasuh anak itu mahal! Tetapi anak-anak sangat merasakan hal nyata dengan mainan mereka. Mereka bermain dengan mereka, mereka mencintai mereka, dan mereka memiliki hubungan dengan mereka.

Kemampuan untuk memasuki dunia rahasia dan imajinatif dengan boneka atau tokoh aksi yang dicintai, kemampuan untuk membayangkan diri Anda menyerbu kastil atau memecahkan misteri – yang merupakan blok bangunan penting bagi jiwa. Mainan yang rapuh dan tidak dibangun dengan baik mengganggu proses itu.

Memilukan bagi seorang anak untuk membangun hubungan dengan mainan, hanya untuk membuatnya berantakan. Bagi anak berusia 5 tahun itu, boneka memiliki realitas yang sebenarnya. Bagaimana perasaan Anda jika bayi Anda tiba-tiba kehilangan satu kaki, atau jika roda tiba-tiba jatuh dari mobil keluarga Anda? Ini akan sangat mengecewakan, bukan? Di dunia anak-anak, boneka atau mobil mainan atau mainan itu nyata, dan itu memilukan ketika hancur berantakan. Kami jauh lebih baik membeli lebih sedikit mainan yang dibangun dengan lebih baik. Karena itu pilihlah mainan yang lebih awet meskipun harganya lebih mahal.

Aman
Banyak penjelasan dari kotak permainan tidak jujur soal manfaat dari mainan itu, bahkan mereka tidak menyertakan manfaat dan dampak buruknya.

Hal ini tentu membuat Anda sebagai orang tua bertanya-tanya apa sebenarnya manfaat mainan itu dan amankah bagi anak Anda.

Saat dunia menjadi lebih teknologis, kita kehilangan kapasitas untuk bermain, dan itu cukup miris. Bermain membantu anak-anak mengembangkan begitu banyak kapasitas kognitif dan emosional, dan ketika kita bermain dengan anak-anak kita, kita dapat membantu membimbing perkembangan mereka. Mari kita tutup smartphone kita, cabut perangkat anak-anak kita, dan duduk untuk beberapa permainan kuno. Jangan bermain-main dengan kemampuan anak-anak kita untuk bermain-main.

Sumber : psychology today

Jokowi Minta Tidak Memborong Kebutuhan Pokok

Previous article

Ini Instruksi Sultan Soal Penanganan Virus Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info