Kab SlemanNews

Pemkab Sleman Siap Tanggung Biaya Pasien Corona

0
biaya pasien corona
FOTO : Arif Mujiono

STARJOGJA.COM. SLEMAN – Pemkab Sleman Siap Tanggung Biaya Pasien Corona . Skema penjaminan biaya pasien corona sudah dipersiapkan secara matang oleh pemerintah Kabupaten Sleman.

Karena virus corona dinyatakan sebagai peristiwa kejadian luar biasa, maka penanganannya juga sesuai standart kedaruratan, terutama masalah anggaran, sehingga jika nanti ditemukan pasien dengan status positif corona maka semua biaya pengobatan akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah, baik melalui pemerintah daerah ataupun pemeribtah pusat.

“Kami dengan keadaan darurat itu dana tak terduga kami keluarkan, sama halnya seperti bencana alam,” kata Sri Purnomo di kanto Bupati Sleman pada Rabu (4/3/2020).

Skemanya nanti pasien yang mengalami gejala dengan ciri-ciri mirip corona terlwbih dahulu akan mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama yang di tanggung oleh BPJS. Kemudia apabila sudah ada konfirmasi positif corona maka penanganannya dirujuk ke rumah sakit baik tipe C mapun tipe B yang sudah mempunyai ruang isolasi. Dengan dana sepenuhnya dutanggung oleh pemerintah.

“Ketika nanti dikatakan dalam kategori mengarah pada corona nanti kita hadir disitu,” ungkap Bupati,sambil berharap semoga tidak ada kasus corona di wilayahnya.

Penanggungan biaya pengobatan bagi penderita corona berlaku bagi semua warga yang tinggal di wilayah Sleman, baik yang tercatat sebagai warga Sleman maupun warga pendatang seperti mahasiswa.

“Semua warga yang ada di Sleman akan kita layani, di Sleman ini kan ada sekitar 200an ribu mahasiswa ya, jangan sampai nanti tidak terlayani, semua dilayani,” imbuhnya.

Bupati tidak khawatir jika nantinya ada pembengkakan biaya tersebut, pihaknya akan berkomunikasi dengan pemerintah jika memang pembengkakan biaya tersebut tidak dapat diatasi olehnya.

Sri Purnomo juga menyampaikan jika sampai saat ini perilaku masyarakat di Sleman masih sebatas wajar dalam menyikapi ancaman virus corona. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya kepanikan seperti belanja di toko atau pasar dalam jumlah banyak.

Cegah Corona, Mall Jogja Sediakan Hand Sanitizer

Previous article

Dinas Kesehatan Jogja Harus Tenangkan Masyarakat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman