Health

Dua Pasien Virus Corona Segera Pulang

0
Gejala Covid-19 baru
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) asal Wuhan, Hubei, China beraktivitas di depan Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020). Menurut data Kementerian Kesehatan bahwa 238 orang WNI yang menjalani proses observasi sebagai antisipasi tertular virus Corona bahwa kesehatannya dalam keadaan baik dan sehat, tidak ada satupun dari mereka yang menunjukkan gejala infeksi seperti demam, batuk dan pilek. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.

STARJOGJA.COM, Info – Dua pasien virus corona dengan identitas kasus 06 dan 14 akan segera  pulang dari rumah sakit. Hal ini menyusul hasil negatif dalam pemeriksaan virus pada dua tes laboratorium.

“Pasien 06 dan 14 ini sudah dua kali diperiksa, negatif. Kami edukasi mereka untuk persiapan pulang dengan melaksanakan self isolated,” kata juru bicara penanganan Covid-19 untuk Indonesia Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Self isolated adalah tindakan isolasi yang dilakukan secara mandiri oleh mantan pasien. Orang yang bersangkuran wajib membatasi diri dari kontak sosial dalam jarak dekat. Pun orang yang bersangkutan tidak boleh menggunakan alat makan yang sama dengan orang lain.

Baca Juga : Satu Pasien Virus Corona Meninggal Dunia

Hal tersebut merupakan bagian dari penanganan penyebaran wabah Covid-19. Mantan pasien boleh melakukan aktivitas normal setelah 14 hari atau otoritas kesehatan yakin virus sudah hilang.

Adapun kasus 06 adalah seorang anak buah kapal (ABK) pesiar Diamond Princess berusia 36 tahun. Dia diduga terinfeksi saat bertugas di kapal pesiar tersebut. Secara resmi, pemerintah mengumumkan yang bersangkutan positif Covid-19, Minggu (8/3/2020).

Seperti diketahui Diamond Princess sempat disebut sebagai episentrum penyebaran Covid-19. Kapal yang membawa 68 WNI yang berkerja sebagai ABK ini sempat tertahan di perairan Yokohama, Jepang.

Sementara itu kasus 14 adalah pasien Covid-19 yang telah berada di ruang isolasi selama 3 hari. Dia adalah laki-laki berusia 50 tahun.
Kasus 14 diduga terinfeksi saat melakukan perjalanan dari luar negeri.

Menurut Yuri, kasus 14 memiliki kondisi fisik yang baik. Pun kontak dekat kasus 14 dengan orang yang menularkan terbilang sangat sedikit.
Sebelum masuk ruang isolasi, kasus 14 sempat melakukan perawatan sendiri di rumah.

Pasalnya orang yang bersangkutan awalnya tidak memiliki kecurigaan terinfeksi Covid-19. Setelah tiga hari dengan gejala-gejala Covid-19, kasus 14 meminta rumah sakit melakukan observasi.

“Artinya masuk rumah sakit hari ketiga [sakit]. Ditambah tiga hari [diisolasi], itu hari kelima atau keenam, ini sudah negatif,” jelas Yuri.

Kedua pasien saat ini telah dibekali pengetahuan mengenai self isolated dan self monitoring. Setelah dinyatakan boleh keluar ruang isolasi, keduanya harus membatasi kontak sosial jarak dekat dan juga memantau kondisi tubuh selama 14 hari setelah keluar rumah sakit.

Sementara itu hingga saat ini Indonesia tercatat memiliki 19 pasien Covid-19. Seluruhnya berada di ruang isolasi rumah sakit di Jakarta dan luar Jakarta.

Simak penjelasan Achmad Yurianto selengkapnya Youtube Sekretariat Presiden di atas dengan menggeser garis navigasi video mulai menit 31:00.

Satu Pasien Virus Corona Meninggal Dunia

Previous article

Arsenal Vs Manchester City Kembali Ditunda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health