Health

Duterte Perluas Karantina Penuh Pulau Luzon

0
Rakyat Filipina divaksin Covid-19
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte pada kunjungan kenegaraan di Istana Malacanyan, Manila, Filipina, Jumat (28/4). Pada kesempatan tersebut Indonesia dan Filipina menandatangani dua kerja sama yaitu di bidang pertanian dan konektivitas laut, serta melakukan pertemuan bilateral. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/aww/17.

STARJOGJA.COM, Info – Presiden Filipina Rodrigo Duterte akhirnya memutuskan untuk memperluas karantina penuh dari hanya di Manila, lalu menjadi seluruh Pulau Luzon untuk menekan penyebaran virus corona.

Dilansir dari Bloomberg, Senin (16/3/2020), Juru Bicara Presiden, Salvador Panelo, mengatakan pemerintah bakal memberlakukan karantina penuh di pulau yang memiliki populasi lebih dari 57 juta ini.

Namun, urusan teknis mengenai keputusan ini diakuinya akan dijelaskan lebih lanjut dalam pertemuan selanjutnya. Sebelumnya, Duterte memberlakukan karantina penuh di Kota Manila dengan menutup akses masuk dan keluar kota itu guna menekan penyebaran wabah virus corona.

Baca Juga: Cegah Corona, Polda DIY Bersih-Bersih Fasilitas Umum

Hingga saat ini, Filipina mencatat memiliki kasus infeksi virus corona sebanyak 140 dengan jumlah kematian sebanyak 12 orang.

Rencananya lockdown akan diberlakukan selama 30 hari yakni 15 Maret hingga 14 April 2020 mendatang, setelah level kewaspadaan virus corona naik menjadi code red sub level 2.

“Jangan panik, jangan membunuh dirimu dengan kepanikan. Pemerintah akan melakukan sebaik mungkin untuk mengendalikannya,” demikian pernyataan Duterte. Sebelumnya, WHO menyatakan bahwa virus corona sudah menjadi pandemi, hal ini juga yang memicu Duterte mengunci wilayah Manila tersebut.

Baca Juga : Waspada Corona, Ini 9 Benda Sarang Kuman di Kantor

Sumber : Bloomberg

Bayu

Gedung Disemprot, Pegawai Gedung DPR ini Tidak Libur

Previous article

Gubernur DIY Minta Selasa Wage Mendatang Ditunda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health