Kab Gunungkidul

Harga Bawang Bombay Digoyang Corona

0

STARJOGJA.COM, Info – Harga bawang bombay di Pasar Argosari, Wonosari, Gunungkidul melonjak drastis karena imbas dari wabah virus corona. Bahkan, harganya tembus Rp100.000 per kg.

Seorang pedagang bernama Fajar Faudin mengungkapkan kenaikan tersebut terasa sejak beberapa hari terakhir. Namun, dirinya tak mengetahui alasan kenaikan yang cukup drastis itu. Menurut dia, harga bawang bombay dua minggu yang lalu masih disekitar Rp40.000 per kg.

“Bawang bombay harganya Rp100.000 lebih per kilonya. Kayaknya belum panen atau entah apa alasannya,” kata Fajar pada Selasa (17/3/2020).

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut, Coba Konsumsi 7 Makanan Ini

Menurut dia, saking melonjaknya harga yang cukup tinggi, membuat banyak para pedagang sudah enggan menyetok lagi.

“Kalau yang cari masih tetap ada, tapi enggak sebanyak ketika harga normal, pedagang juga banyak yang enggak jual soalnya di eceran harganya juga akan kemahalan,” paparnya.

Pedagang lainnya, Turgiyanti mengaku sudah tak menjual bawang bombay sejak harganya terus mengalami peningkatan. Tak hanya bawang bombay, beberapa kebutuhan pokok seperti cabai dan gula pasir yang lebih dulu mengalami peningkatan masih stabil dengan harga yang tinggi.

“Untuk bawang bombay saya sudah tidak jual lagi, terlalu mahal,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Virgilio Soriana tak menampik adanya kenaikan tersebut. Virgilio mengatakan kenaikan sudah terasa sejak seminggu terakhir ini. “Dari hasil pemantauan harganya bawang bombay memang mengalami kenaikan harga sejak minggu lalu,” paparnya.

Virgilio menuturkan Disperindag Gunungkidul pun telah melaporkan adanya kenaikan harga tersebut ke DIY. Namun, Virgilio memastikan kenaikan harganya bawang bombay tidak terlalu berpengaruh ke warga Gunungkidul, sebab bukan merupakan sembilan bahan pokok warga setempat.

 

Sumber : Harianjogja

Cegah Corona, Pelaku Wisata Lakukan Reresik Wisata DIY

Previous article

Seluruh RS Diminta Bersiap Menangani Pasien Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *