Health

Membuat Hand Sanitizer Sendiri dari Pakarnya

0
membuat hand sanitizer
hand sanitizer di lokasi umum

STARJOGJA.COM, Info – Persediaan hand sanitizer dan alkohol di pasaran saat ini sulit ditemukan. Bahkan, beberapa toko dan apotik yang menyediakan bahan tersebut habis dibeli masyarakat. Pakar Nano Teknologi dari Jurusan Farmasi Universitas Gadjah Mada, Ronny Martien, mengatakan bagi masyarakat yang sudah memiliki cairan alkohol bisa mulai membuat hand sanitizer sendiri.

“Misalnya punya cairan alkohol 96 persen, tambahi air 30 persennya, kemudian ditambah gliserin atau bahan pelembap,” kata Ronny saat dihubungi Harianjogja.com soal membuat hand sanitizer, Senin (16/3/2020).

Baca Juga :  Waspada Corona, Ini 9 Benda Sarang Kuman di Kantor

Ronny menjelaskan fungsi gliserin sebagai pelembap bisa didapatkan dari gel aloe vera. Gel aloe vera dapat menjaga kulit tangan agar tak kering dan terkikis oleh tangan yang digosok-gosokkan bersama cairan alkohol.

Beredar kabar bahwa hand sanitizer hanya ampuh untuk membunuh bakteri, sedangkan virus, dalam hal ini Covid 19 bisa dibunuh dengan sabun. Terkait hal tersebut, Ronny mengatakan, cairan alkohol dan sabun sama-sama bisa membunuh virus.

Baca Juga : Rekomendasi Ibu Hamil dan Anak Tidak Kena Corona

“Sebenarnya sama saja. Virus itu mati kalau lemak pelindungnya rusak. Alkohol dan sabun sama-sama memiliki surfaktan yang dapat menghancurkan lemak pelindung virus,” kata Ronny.

Ronny mengatakan, baik sabun, alkohol, maupun hand sanitizer sama-sama bersifat disinfectant.

Baca Juga : Kerja dari Rumah yang Efisien di Tengah Wabah Corona

Sumber : Harianjogja

Hyun Park Bagi Pengalaman Sembuh dari Corona

Previous article

Alasan Pemda DIY Belum Buka Data ODP Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health