Health

Kerja Senyap Ala Menteri Kesehatan Terawan

0
Menkes Terawan
Keterangan foto: Kiri-Kanan: Tim Pemeriksa Kesehatan Capres dan Cawapres: Sekretaris Jenderal PB IDI- Dr. Moh. Adib Khumaidi Sp.OT (kiri), Direktur RSPAD Gatot Subroto - Mayjen TNI dr Terawan Agus Putranto, SpRad, Ketua Umum PB IDI - Prof. Dr. Ilham Oetama Marsis Sp.OG(K), Wakil Ketua Umum IDI -Dr. Daeng M Faqih, SH MH, dan Ketua Tim pelaksana Penilaian Kemampuan Jasmani dan Rohani - Dr Astronias Bakti Awusi, SpPK, MKes

STARJOGJA.COM, Info – Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena mengapresiasi kinerja Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menangani pandemi virus corona atau Covid-19. Menurut Melki, tidak ada masalah dengan kerja senyap ala Menkes Terawan. Pendekatan tersebut justru dapat meredam kepanikan masyarakat, sehingga tidak malah menurunkan imunitas tubuh seseorang.

“Menkes kita ini orangnya tidak suka banyak omong. Mungkin karena beliau dokter militer yang punya pendekatan murni medis,” ujarnya dalam acara diskusi Perspektif Indonesia: Gerakan Cepat Melawan Corona di Jakarta, Sabtu (21/3/2020).

Melki menilai latar belakang Menteri Kesehatan Terawan sebagai pentolan International Committee of Military Medicine (ICMM) juga menjadi kelebihan tersendiri.

Berkat posisi itu, Terawan memiliki akses ke berbagai jaringan kedokteran dunia, salah satunya Center for Disease Control and Prevention (CDC) yang berbasis di Atlanta, Amerika Serikat.

Baca Juga : Menkes Terawan Serahkan Gaji Pertama untuk ini

CDC, menurut Melki, merupakan institusi pertama yang menemukan alat pendeteksi virus corona. Bahkan, politisi Partai Golkar ini menyebut Indonesia termasuk negara di luar AS paling awal yang berhasil mendapatkan alat tersebut.

“Sejak awal kita sudah mendeteksi di pintu masuk tapi tak mau disampaikan ke publik karena takut panik,” tutur Melki. Indonesia memang termasuk negara yang belakangan melaporkan kasus Covid-19. Pertahanan medis di Tanah Air baru jebol pada 2 Maret 2020 ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan dua pasien positif virus corona.

Hingga Jumat (20/3/2020), sebanyak 369 orang positif terjangkit virus corona. Dari ratusan kasus, tercatat 32 orang meninggal dan 17 orang dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19.

Melki tidak memungkiri meningkatnya kasus positif Covid-19 mengundang kritik dari berbagai kalangan. Namun, dia mengingatkan bahwa seluruh negara di dunia memang tidak siap menghadapi wabah jenis baru tersebut.

Sumber : Bisnis

Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Dibangun 700 Pekerja

Previous article

WHO Menguji Coba 20 Vaksin Cegah Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health